Ketua DPRD Dukung Unirow jadi Kampus Ternama di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, M. Miyadi mendukung Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) menjadi kampus ternama di Tuban. Sebab lembaga pendidikan tinggi yang beroperasi di Jalan Manunggal 61 itu merupakan kampus tertua dengan jumlah mahasiswa terbanyak di wilayahnya.

"Kalau saya hitung di Tuban ada enam sampai tujuh kampus, dan Unirow menjadi kampus paling tua. Semestinya dengan kepemimpinan Rektor Supiana Dian Nurtjahyani, Unirow menjadi ternama di Tuban, sehingga mampu kompetitif, inovatif, dan tidak kalah bersaing dengan kampus yang lain," kata Miyadi dalam sambutannya dalam kegiatan PWI Kabupaten Tuban Goes to Campus di Unirow Tuban, Selasa (23/11/2021).

Bila Unirow menjadi kampus ternama, lanjut Miyadi secara otomatis para mahasiswanya dari berbagai kabupaten dapat belajar dengan nyaman. Permohonan maaf juga disampaikan yang seharusnya hadir adalah Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, tetapi bersama Bappeda dan tujuh OPD terkait diminta menghadap Kementrian ATR untuk paparan RTRW Kabupaten Tuban 20 tahun ke depan.

Ketua DPC PKB Tuban ini mendukung kerjasama PWI dan Unirow Tuban. Memang sudah waktunya program kampus merdeka belajar dibedah, dijelaskan supaya mahasiswa paham dan tidak salah menerima.

Miyadi berharap masa pandemi Covid-19 belum usai dan saat ini Tuban masuk level 1 PPKM. Mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 akan diterapkan PPKm level 3, tujuannya untuk mengendalikan corona.

"Semua kegiatan akan dibatasi dalam rangka Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Masa liburan nanti seluruh Indonesia berlaku PPKm level 3," beber mahasiswa UNS Solo.

Hasil koordinasi dengan Forkopimda Jawa Timur, dikhawatirkan liburan Nataru akan muncul varian lain dari Covid-19. Solusinya penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia.

Rektor Unirow Tuban, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani M.Kes menambahkan Unirow Tuban menjadi satu-satunya kampus di Tuban yang dinyatakan lolos dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Terimakasi kepada PWI Tuban karena sinergitas yang telah terjalin dapat diwujudkan secara nyata. Semoga teman-teman PWI bisa menjadi penyambung dalam melakukan edukasi dan literasi yang smart, serta dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat," kata Prof Dian dalam sambutannya.

Rektor perempuan ini menjelaskan, program MBKM yang dicanangkan Kemendikbud Ristek memberikan ruang kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus selama 3 semester. Sehingga, mahasiswa tidak hanya belajar didalam kelas tapi dapat memilih segala wahana baik bidang kemanusiaan, pemerintahan, dan kegiatan sosial lainnya.[ali/ono]