Semangati Atlet Porkab, Bupati Tuban Halindra Buka Kompetisi Woodball

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky resmi membuka kompetisi Woodball dalam rangka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban tahun 2021. Turut mendapingi Bupati, AKBP Darman dan Dandim 0811 dan Letkol Inf Viliala Romadhon, Minggu (21/11/2021).

Bertempat di GOR Rangga Jaya Anoraga, kompetisi yang rencananya dihelat selama tiga hari tersebut diikuti 50 atlet kelompok usia remaja.

Bupati Tuban, Halindra meminta seluruh atlet agar senantiasa menikmati olahraga yang digelutinya. Dengan demikian akan menumbuhkan motivasi dan kecintaan tersendiri dalam hati yang mampu melejitkan semangat juang.

"Otomatis akan mampu melahirkan prestasi yang didambakan," ungkap Bupati Halindra yang juga Ketua DPD Golkar Tuban.

Pemkab Tuban telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan dan penataan fasilitas di Kompleks GOR Rangga Jaya Anoraga. Pembangunan fasilitas olahraga akan mengacu standarisasi yang ditentukan tiap cabang olahraga.

Tujuannya, menunjang pengembangan atlet dan calon atlet termasuk pembinaan dan pelatihannya. Pemkab Tuban juga akan menggandeng pihak ketiga atau swasta agar memaksimalkan seluruh potensi atlet kabupaten Tuban pada berbagai cabang olahraga.

"Harapannya, seluruh atlet mampu mengharumkan nama Kabupaten Tuban pada berbagai jenjang kompetisi," seru Bupati muda itu.

Sementara itu, Ketua Indonesia Woodball Association (IWbA) Kabupaten Tuban, Cipnal Muchlip mengatakan olahraga woodball mulai diperkenalkan di kabupaten Tuban tahun 2017, sehingga belum termasuk cabor populer.

Ditambah juga belum banyak kabupaten yang mengembangkannya, sehingga memiliki potensi besar untuk menjadi olahraga prestasi di Kabupaten Tuban.

Cipnal menambahkan pihaknya akan memasifkan olahraga yang mirip dengan polo dan golf ini pada sekolah tingkat SD dan SMP.

"Kami harap dukungan dari Pemkab Tuban karena olahraga ini mampu melatih fisik dan membentuk karakter altet," bebernya.

Dilansir dari Wikipedia, woodball adalah olahraga yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat seperti palu ke dalam lubang. Permainan ini dapat dimainkan di lapangan, pasir, maupun dalam ruangan.

Cabang olahraga ini dipertandingkan pada Pesta Olahraga Pantai Asia 2008. Federasi Woodball Internasional sendiri berkantor pusat di Taipei, Taiwan. [ali/mu]