Mengenal Woodball, Cabang Olahraga yang Sedang Viral di Tuban

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Cabang olahraga (cabor) Woodball mungkin masih terdengar asing bagi orang awam. Woodball sendiri diketahui berasal dari Negara Taiwan yang masuk di Indonesia pada 2002 dan terbentuk Indonesia Woodball Assosiation (IWBA) di tahun 2006, Senin (22/11/2021).

Woodball merupakan olahraga yang serupa dengan golf, hanya saja terdapat perbedaan di peralatan. Peralatan woodball sendiri sesuai namanya berbahan dari kayu, mulai dari bola, alat pemukul (mallet) hingga gawang (gate).

Woodball hanya memiliki sedikit perbedaan dengan golf, apabila golf memasukkan bola pada lubang, maka woodball memasukkan bola ke dalam gawang.

Cabor woodball di Kabupaten Tuban baru dilombakan sejak kejuaraan Pekan Olahraga Kabupaten Tuban dan Piala Bupati di tahun 2018.

Meskipun termasuk cabor baru, kejuaran woodball (Woodball Competition) selalu diikuti oleh banyak peserta karena olahraga tersebut termasuk ke dalam olahraga yang sedang viral belakangan.

“Saat ini yang ikut 54 peserta anak-anak dan 26 peserta dewasa. Peserta dewasa ini masuknya ke Piala Bupati karena ada batasan usia untuk Porkab,” ujar Mu’aly selaku ketua panitia Woodball Competiton saat ditemui di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Tuban.

Dalam permainan woodball terdapat dua cara bermain woodball yakni beregu (ganda stroke) dan single stroke. “Untuk perlombaan single stroke itu pakai nama pribadi, kalau yang beregu pakai nama klubnya,” terangnya.

Perhitungan skor dalam woodball dilihat dari peserta yang bisa memasukkan bola dengan pukulan terkecil. “Ada namanya lintasan pakai tali itu, misalkan ada yang mukul 4 kali pukulan baru masuk gawang, nah satunya hanya dua pukulan, jadi yang menang itu yang pukulannya paling kecil,” paparnya.

Terdapat enam lintasan (fairway) dalam satu perbandingan woodball. Mu’aly menjelaskan bahwa panjang lintasan tersebut bermacam-macam. Fairaway pertama merupakan lintasan lurus 80 meter, fairway kedua lurus 45 meter, fairway ke-3 berbentuk L 35 meter dan 15 meter.

“Harus melewati itu semua fairway yang dilakukan dua kali, sehingga total 12 fairway dalam satu pertandingan. Nanti skornya akumulasi,” jelasnya. [din/sas]