Operasi Zebra Semeru 2021 Belangsung 14 Hari, Ini Sasaranya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepolisian Resort (Polres) Tuban melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2021 di lapangan Mapolres setempat, Senin (15/11/2021).

Pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI-Polri, Satpol-PP serta dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban. Operasi rutin kewilayahan dengan sandi "Zebra Semeru 2021" tersebut akan berlangsung mulai 15-28 November 2021. 

Adapun sasarannya antara lain masyarakat yang tidak mematuhi prokes dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalulintas serta sosialisasi pembatasan mobilitas masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Kapolres Tuban, AKBP Darman menjelaskan, dalam pelaksanaan operasi zebra yang akan dilaksanakan selama 14 hari tersebut pihaknya akan mengedepankan kegiatan persuasif dengan memberikan edukasi larangan mudik Natal dan Tahun Baru untuk mencegah terjadinya klaster baru Covid-19.

"Target operasinya adalah masyarakat pengguna jalan dan penegakan protokol kesehatan dengan mengedepankan persuasif, mudah-mudahan dengan edukasi pelarangan mudik Natal dan tahun baru bisa mengantisipasi covid varian yang baru, ini harus diantisipasi jangan sampai seperti libur tahun kemarin akhirnya meledak" jelas Kapolres Tuban, AKBP Darman.

Perwira Polisi Alumni 2000 Sanika Satyawada itu menambahkan, tahun ini angka kecelakaan cenderung mengalami kenaikan sekitar 12 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menekan angka kecelakaan lalulintas.

"Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya operasi Zebra tahun ini juga bisa menekan angka Laka lantas," harap Kapolres.

Sementara itu, terkait dengan persiapan yang dilakukan Polres Tuban dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022, Kapolres menjelaskan, akan mempersiapkan personel untuk melaksanakan pengamanan.

Baik di pos pengamanan maupun pos pelayanan yang akan di tempatkan di gereja-gereja juga pos pengamanan di tempat-tempat wisata.

"Harapannya nanti disaat pergantian tahun baru masyarakat jangan terlalu euforia karena Tuban masih level 3 jangan sampai terjadi Kerumunan yang mengakibatkan cluster baru" pungkasnya.[hud/ono]