Konsisten, Petugas Terus Pantau Penerapan Prokes di Tempat Keramaian

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Untuk memutus mata rantai wabah virus Covid-19 di wilayah Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban yang saat ini masih berada di PPKM level 3, Tiga Pilar Kecamatan Tuban melakasanakan himbauan protokol kesehatan ditempat tempat kerumunan warga. Seperti area Wisata Religi Makam Sunan Bonang, Bravo Swalayan dan Pasar Kota kabupaten Tuban.

Anggota Koramil 01 Kota Kodim 0811 Tuban melaksanakan patroli sekaligus memantau penerapan protokol kesehatan di area wisata makam Sunan Bonang Kecamatan Tuban, seperti yang telah dilakukan Serka Pramudito bersama rekannya, Minggu (14/11/2021)

Serka Pramudito memberi peringatan kepada pengunjung agar tetap memakai masker serta menjaga jarak, sebisa mungkin menghindari kerumunan saat melaksanakan ziarah di makam, memakai masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah berziarah.

Di tempat lain Danramil 0811/01 Kota Kapten Inf Heri Purwanto mengatakan bahwa pemantauan penerapan yang dilakukan anggota Koramil 01 Kota bersma tiga pilar hari ini, merupakan salah kegiatan yang dilakukan di tempat-tempat yang menyebabkan terjadinya kerumunan.

"Pemantauan ini tidak hanya dilakukan di tempat wisata saja, namun juga ditempat tempat lain yang bisa menyebabkan kerumunan masyarakat," ungkap Danramil.

Tak hanya siang hari, malam hari juga tak luput dari pantauan petugas. Seperti yang dilakukan Koramil 0811/13 Tambakboyo bersama Polsek dan Satpol PP Kecamatan menggelar patroli malam untuk menertibkan Protokol Kesehatan (Protkes).

Melalui edukasi dan menghimbau serta masker gratis kepada pemuda yang sedang berkumpul pada malam hari di warung dan cafe atau kedai kopi wilayah Kecamatan Tambakboyo.

Dikatakan Serma Zali Hartono saat melaksanakan patroli malam bersama anggota Polsek dan satpol PP setempat menyampaikan, bahwa sosialisasi secara edukatif terhadap pemuda untuk menertibkan masyarakat supaya mematuhi Protokol Kesehatan selama pandemi Virus Covid-19.

Selain melaksanakan kegiatan patroli penegakan Protkes Covid-19, kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk memberikan masker secara gratis kepada para pemuda yang sedang nongkrong. Sekaligus memberikan penekanan agar mematuhi  protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Dalam keterangannya Babhinkamtibmas, menyatakan bahwa kegiatan patroli ini bertujuan untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah senantiasa aman dan kondusif.

”Terlebih lagi patroli ini dilakukan karena banyak sekali rutinitas kegiatan masyarakat yang dilakukan dan munculnya berbagai kerawanan, baik kerawanan sosial maupun kerawanan tindak kriminal,” ujarnya.

Kehadiran petugas, baik itu Polri maupun TNI dan Satpol PP di tengah masyarakat diharapkan dapat mengayomi dan menjaga keamanan masyarakat. Sebab itu, kegiatan sinergitas seperti ini terus kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat, dan tentunya guna menjaga kondusifitas wilayah. 

"Kegiatan penegakan disiplin Protkes Covid-19 disampaikan dengan berkomunikasi sosial secara persuasif, agar dapat mempengaruhi dan meningkatkan kesadaran masyarakat, betapa pentingnya untuk mematuhi Protokol Kesehatan mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar," tutupnya. [ali/col]