Pantau Lokasi Tenggelamnya Perahu Penyeberangan, Kapolda Jatim Bentuk 6 Satgas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka untuk mempercepat pencarian terhadap korban tenggelamnya perahu tambangan penyeberangan Rengel, Kabupaten Tuban- Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta membentuk 6 Satuan Tugas (Satgas).

6 satgas yang dibentuk tersebut bertugas untuk melakukan penyusuran di atas air atau di sungai serta melakukan pencarian korban dari darat.

"Langkah yang kita lakukan adalah membentuk 6 satgas, 5 satgas melakukan penyusurran di air dan 1 satgas melakukan pencarian di darat," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta.

Kapolda menjelaskan, berdasarkan hasil dari rapat koordinasi bersama Bupati, Kapolres dan Dandim 0811/Tuban. Semuanya menyepakati akan melanjutkan proses pencarian korban dengan mengedepankan masyarakat yang ada di sekitar sungai.

"Kami sepakat akan melanjutkan proses pencarian korban dengan mengedepankan masyarakat sekitar sungai sampai ke bendungan. Sehingga mudah-mudahan 6 orang yang belum ditemukan ini bisa segera ditemukan," imbuhnya.

Disamping itu, Kapolda juga akan menerapkan Standart Operasional Prosedur (SOP) penyeberangan untuk mengatur masyarakat yang akan melakukan penyeberangan. Sehingga tidak kejadian lagi hal-hal seperti ini.

"Kami juga akan memberikan pendidikan atau edukasi kepada masyarakat untuk bisa memantau waktu-waktu tertentu bagai mana kondisi arus sungai," jelas Kapolda.

Sebatas diketahui, hingga saat ini jumlah total korban perahu tenggelam yang belum ditemukan ada sebanyak 6 orang dan korban yang telah ditemukan dengan kondisi meninggal dunia ada 1 orang. Sedangkan jumlah korban selamat hingga saat ini berjumlah 10 orang. [hud/mu]