Jadi Komunitas Terbanyak di Tuban, Lima Klub Motor dan Karta Donor Darah Bareng

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Komunitas anak motor Bold Riders yakni Ninja Tuban Club, Ikatan Fans Club Tuban, dan Honda Nova Civic Indonesia – Tuban berkolaborasi dengan anak-anak muda karang taruna (karta) Heppiii Community yakni Karta Klumpit dan Kendal. Hasilnya dua komunitas besar di Tuban ini kemudian menggelar acara donor darah bertema 'Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021' bertempat di Dusun Widengan Tuban KM 07.

 

Koordinator donor darah di Tuban Hansen Budijono mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka bulan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober kemarin, komunitas sangat antusias melaksanakan kegiatan kemanusiaan tersebut.

 

Komunitas yang tergabung dalam kegiatan ini adalah hasil kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA), yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia Timur, salah satunya adalah Tuban.

 

"Jika dibandingkan acara tahun lalu, sekarang lebih besar antusiasme pesertanya, bahkan oleh PMI komunitas kami disebut sebagai salah satu komunitas di Tuban yang paling banyak donor darah, kemarin ada 50 orang yang mendaftar jadi pendonor," jelasnya pada Minggu (31/10).

 

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

 

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, #Setetes Darah Untuk Negeri 2021. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti fans club, pecinta alam Super Friends, anak motor Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama.

 

Kegiatan Donor Darah #Setetes Darah Untuk Negeri 2021 juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

 

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. [col]