Sinergi TNI dan Industri, Vaksinasi Covid-19 Sasar Pekerja dan Keluarganya

 

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Masih berstatus PPKM Level 3 versi Kemendagri, Kabupaten Tuban terus mengejar capaian vaksinasi di berbagai kalangan. Melalui sinergi TNI dan industri, kali ini vaksinasi menyasar para pekerja dan keluarganya.

 

Kodim 0811 Tuban menggelar vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dengan menyasar karyawan, keluarga karyawan, anak usaha, perusahaan afiliasi, dan warga sekitar perusahaan. Diselenggarakan di Gedung Graha Sandiya PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak pada Senin (1/11/2021).

Program vaksin bersama Korem 082/CPYJ dan Kodim 0811 Tuban yang diikuti sedikitnya 400 orang pekerja dari PT Semen Indonesia Logistik (SILOG), itu sesuai dengan dosis yang disediakan.

Di tempat terpisah Komandan Kodim (Dandim) 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan untuk mencegah dan memberantas peredaran Covid-19 di lingkungan perusahaan, maka semua pekerja dan keluarganya harus tervaksin semuanya.

 

"Usai semuanya tervaksin maka akan tercipta lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan sehat. Ini adalah upaya pemberian vaksinasi kepada para pekerja pabrik untuk mencegah munculnya penambahan kasus Covid-19 atau klaster baru karena pekerja pabrik rentan penularan virus tersebut,” kata Letkol Inf Viliala Romadhon.

 

Sementara itu, Kabiro Humas dan CSR PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban, Setiawan Prasetyo menambahkan bahwa SIG menyambut baik upaya preventif dari TNI melalui Kodim 0811 Tuban dalam pemberian vaksinasi kepada pekerja pabrik.

 

“Kami merasa senang dengan kegiatan vaksinasi untuk karyawan pekerja pabrik kami. Dengan adanya Vaksinasi yang bekerja sama dengan TNI ini, semoga para pekerja sehat semua dan produktivitas perusahaan dapat berjalan lancar,” sambung Setiawan.

 

Pada bulan Juli kemarin, SIG dan TNI telah menjalin kerjasama dengan melakukan vaksinasi untuk mengejar target vaksinasi 1 juta per hari. Dokter Perusahaan SIG, Muhammad Sholahudin, berharap dengan kegiatan vaksin tersebut dapat mempercepat prores vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah, sehingga dapat menekan angka penularan Covid-19.

 

Vaksin ini juga sangat penting sekali, karena orang yang telah di vaksin resiko tertular 3 kali lebih kecil jika dibandingkan yang belum. Selain itu, efeknya juga berbeda. Orang yang sudah divaksin akan lebih ringan jika terpapar Covid-19, terangnya.

 

Pada kesempatan tersebut dokter perusahaan juga berpesan kepada seluruh karyawan dan keluarga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Selain itu, juga hindari makan bersama atau nongkrong-nongkrong.

 

"Jika tidak ada keperluan mendesak sebaiknya kita berada di rumah saja dan kurangi mobilitas di luar," pesannya.

 

SIG juga mendukung gerakan serentak Lawan Covid-19 yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Sejak awal pandemi, Semen Indonesia telah melaksanakan berbagai kegiatan dan bantuan ke masyarakat sekitar dalam upaya pencegahaan penyebaran virus ini.

 

Diantaranya telah membagikan puluhan ribu masker, disinfektan, handsanitizer, memberikan tempat cuci tangan di fasilitas umum, memberikan APD kepada Nakes, dan berbagai kegiatan lainnya.

 

Sebatas diketahui, untuk memutus mata rantai peredaran Covid-19 perusahaan bekerjasama dengan TNI telah melakukan vaksinasi terhadap 1.500 keluarga dan karyawan Semen Indonesia. Perusahaan berkomitmen secara penuh dalam mendukung program pemerintah untuk pemberantasan wabah ini. [ali/coo]