Pantai Kelapa Tuban, Tempat Wisata Ramah Anak

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memang memiliki berbagai macam tempat wisata berupa pantai, masing-masing pantainya memiliki keindahan dan juga karakteristik tersendiri yang membuat para pengunjung terpesona.

Diantaranya seperti Pantai Kelapa, Pantai Remen, Pantai Sowan, Pantai Surindah, hingga Pantai Cemara.

Ada banyak wisatawan yang berkunjung di berbagai pantai tersebut, salah satunya Pantai Kelapa yang berada di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, yang menyuguhkan hantaran laut dengan ribuan pohon kelapa di sekitarnya, selain itu pantai tersebut dinilai sebagai pantai yang ramah anak.

Salah satu wisatawan yang datang bersama keluarganya adalah Afifatus (23) mengaku senang berwisata ke Pantai Kelapa lantaran lingkungannya yang sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga.

“Di sini tempatnya enak menurutku karena familyable sekali, cocok juga buat anakku yang masih kecil,” ucapnya saat ditemui blokTuban.com pada Minggu (31/10/2021).

Tempat wisata tersebut, dikatakan ramah anak karena menyediakan berbagai macam wahana yang ramah dengan anak, misalnya seperti flaying fox, kolam renang, mobil ATV, kuda, dan masih banyak permainan yang mampu mengedukasi pertumbuhan anak.

“Anakku biasanya main seser ikan, main pasir, main rumah balon, naik ATV, kuda juga pernah minta naik kuda,” tuturnya.

Saking senangnya dengan wisata satu ini, Afi panggilan akrabnya setiap bulannya selalu datang berkunjung, meskipun rumah kediamannya cukup jauh dari sini.

“Hari minggu lumayan sering kesini, kadang sebulan bisa 3 kali kesini, niatnya juga buat anak jadi seneng,” sambungnya.

Perempuan asal Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro tersebut biasa menghabiskan sekitar 1,5 jam perjalanan. Namun ia mengaku perjalanan panjang yang ia lakukan itu tidak sia-sia lantaran melihat perkembangan anaknya yang berusia 4.5 tahun semakin aktif dalam melontarkan kata.

“Anakku sebenernya udah berani, tapi kalau habis dari sini itu biasanya tambah seneng cerita, kalau main disini juga banyak banget pertanyaannya,” ujarnya.

Anak-anak yang masih dalam pertumbuhan, memang cenderung memiliki rasa penasaran yang kuat, oleh karenanya perlu dikenalkan dengan hal-hal yang baru termasuk hal yang berkaitan dengan alam. [sav/mu]