Penyakit yang Sering Menyerang Pisang Cavendish

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Seperti layaknya manusia, pisang juga merupakan tumbuhan hidup yang gampang terserang oleh penyakit apabila tidak dirawat secara rutin oleh pemiliknya.

Oleh karenanya, jika kalian membudidayakan pisang Cavendish ini kalian harus secara rutin mengecek dan memeperhatikan tumbuh kembang pohon. Hal ini bertujuan agar jika salah satu pohon terserang penyakit akan bisa ditangani dan mendapatkan solusi pengobatan dengan cepat.

Saat ditemui oleh blokTuban.com, Asnawi (72) membeberkan penyakit yang sering menyerang pohon-pohon pisang Cavendish miliknya. Ia mengatakan, penyakit yang sering menyerang adalah tungro dan daun pisang yang mengering atau layu.

“Penyakitnya banyak, ada kayak semacam tungro, ada yang semacam daunnya mengering kayak gitu,” ucapnya menjelaskan, Rabu (27/10/2021).

Agar tanaman pisang Cavendishnya tidak terserang oleh berbagai macam penyakit, Asnawi secara rutin merawat tanaman-tanamannya dengan menyemprotkan jenis obat-obatan yang digunakan untuk menanggulangi penyakit.

“Ini harus ada perawatan, pakai fungisida disemprot berapa bulan sekali jadi untuk penanggulanganya gini disemprotkan,” tuturnya.

Asnawi juga mengatakan, tanaman pisang Cavendish membutuhkan banyak air, oleh karena itu setiap harinya ia dibantu dengan 8 orang karyawannya mengairi tanah secara bertahap.

“Kalau nyiram kita kasih blok-blok karena kalo ngangkat semua kesana nggak kuat, jadi dua baris gitu ganti dua jam ganti dua baris lagi gitu,” jelasnya.

Biasanya setiap muncul penyakit pada pisang Cavendishnya, Asnawi dan teman-teman lainnya selalu mengkonsultasikannya kepada perusahaan yang menaunginya, biasanya pohon pisangnya difoto dan dikirim ke grup whatsaap yang telah disediakan.

“Kalau ada penyakit gitu kita langsung laporan di sini, kemudian dari sananya ikut membantu memberikan solusi cara mengatasinya,” ungkap Asnawi sambil menunjukkan isi whatsaap grup miliknya.

Selain perairan yang harus cukup, rupanya rumput-rumput yang merambat ditanah sekitar pohon pisang juga sangat berpengaruh bagi tumbuh kembangnya.

“Rumput juga sangat mengganggu karena ini harus bersih dari tumbuhan yang lainnya,” sambungnya.

Hama-hama yang sering menyerang pisang bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya seperti cuaca dan juga hewan-hewan yang membawanya, Asnawi mengaku jika salah satu pohon pisang terserang hama maka akan menulari pohon-pohon pisang yang lainnya.

“Begitu tau ada penyakit satu, maka harus segera dieksekusi diambil pohon seakarnya lalu kemudian dibuang,” ucapnya.

Jenis pisang Cavendish yang ia tanam merupakan pisang Cavendish varietas Cy40, Asnawi mengaku bahwa pisang dengan varietas tersebut lebih kuat secara fisik terhadap penyakit-penyakit yang lainnya. [sav/mu]