Ikan Hias Lele Bule Paling Diburu Saat Ini

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Memelihara ikan hias memang banyak digandrungi oleh masyarakat terutama anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Aktivitas yang lebih sering dilakukan di rumah cenderung membuat anak bosan, oleh karenanya mereka seringkali berinisiatif untuk memelihara ikan hias sebagai hiburan di kala bosan sedang melanda.

Selain itu coraknya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak, bahkan memelihara ikan hias disebut juga dapat mereduksi rasa stres akibat masalah yang tengah dihadapi seseorang akan suatu hal.

Menurut Isma (20), ikan hias yang paling digandrungi oleh kalangan anak-anak hingga saat ini, di antaranya yaitu ikan cupang, ikan balon, ikan kipas, hingga ikan lele bule.

“Kalau anak-anak biasanya lebih minat ke ikan cupang, balon, kipas, lele bule itu sih, kemarin dateng 100 ekor lele bule beberapa hari langsung habis,” ucapnya saat ditemui blokTuban.com di toko iwakkuarium, Rabu (27/10/2021).

Anak-anak lebih menggemari ikan hias jenis tersebut bukan tanpa alasan, selain warna dan bentuk ikannya yang unik, ikan-ikan tersebut dinilai cepat beranak pinak.

“Biasanya kalau ikan balon gitu cepet punya anak, kadang dari sini itu udah banyak yang hamil makanya anak-anak suka,” katanya.

Ada berbagai macam ikan hias yang dijual oleh Isma seperti ikan koi, ikan caronline, ikan lohan, ikan black ghost, ikan moly, ikan serpae tetra, ikan zebra, hingga platy kohaku.

Harga yang ditawarkan ditoko inipun berbabagi macam mulai dari harga Rp1.000 perekornya hingga kisaran harga Rp250 ribu tergantung jenis dan besarnya ikan yang dijual.

“Kalau yang paling murah itu Rp1.000 an biasanya itu buat pakan ikan juga, kalau yang paling mahal sekarang ini Cobas Rp140 ribu, kalau kemarin ada lohan Rp250 ribu udah habis sekarang tinggal yang kecil-kecil,” jelasnya.

Selain menjual berbagai macam ikan hias, di toko iwakkuarium tersebut menjual berbagai macam makanan, obat-obatan ikan, hingga peralatan-peralatan yang dibutuhkan oleh ikan saat hidup di Akuarium.

“Disini insyaAllah lengkap, semuanya yang dibutuhkan oleh pembeli untuk ikan hiasnya ada,” tutupnya. [sav/mu]