Tingkatkan Kompetensi SDM, Disparbudpora Tuban Beri Pembinaan Kepada Pokdarwis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedikitnya ada 25 desa wisata rintisan Kepala Desa (Kades) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Tuban mengikuti pembinaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban.

Kegiatan pembinaan atau peningkatan kapasitas Pokdarwis tersebut diselanggarakan di Hotel Grand Garden Jalan Dr. Sutomo Tuban dengan mendatangkan narasumber dari Pokdarwis Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pariwisata Disparbudpora Tuban, Suwanto menyampaikan, kegiatan pembinaan ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar.

"Kegiatan pembinaan ini untuk peningkatan SDM desa yang akan merintis atau memulai kegiatan wisata di desanya," kata Suwanto ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (27/10/2021).

Di samping itu, kata Suwanto dengan adanya pembinaan ini peserta dapat mengidentifikasi tahapan yang harus dilalui dan potensi yang dimiliki, sehingga dapat menyusun kelembagaan Pokdarwis.

Lebih lanjut, karena belum semuanya punya pokdarwis. Memetakan potensi desa yang dapat dikembangkan untuk desa wisata penyusun rencana pengembangan desa wisata, sehingha mereka dapat menyusun kelembagaan Pokdarwis. Sebab, hingga saat ini belum semuanya punya Pokdarwis.

"Peserta diharapkan dapat memetakan potensi desa yang dapat dikembangkan untuk desa wisata, kemudian menyusun rencana pengembangan desa wisata," pungkas Suwanto.[hud/sas]