Khofifah Sampaikan ke Bupati Tuban Supaya Ajukan Sugondo Djojopuspito Jadi Pahlawan Nasional

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan supaya Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengajukan Sugondo Djojopuspito tokoh pencetus Sumpah Pemuda yang lahir di Kabupaten Tuban menjadi Pahlawan Nasional.

"Saya sampaikan kepada Bupati Tuban, supaya dari Kabupaten diteruskan ke Provinsi dan akan diteruskan kepada pusat mengajukan Pak Sugondo menjadi Pahlawan Nasional," terang Gubernur Jatim usai upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun Kabupaten Tuban, Kamis (28/10/2021).

Lebih lanjut, Gubernur menyampaikan bahwa Makam Sugondo Djojopuspito ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dan pemerintah setempat telah mengajukan Sugondo Djojopuspito sebagai Pahlawan Nasional tetapi dokumennya masih kurang.

"Pemerintah DIY, telah mengajukan Sugondo Djojopuspito sebagai Pahlawan Nasional namun dokumenya masih kurang lengkap. Jadi kita bisa mengajukan kembali," jelas Khofifah.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jatim juga menyampaikan peran penting Sugondo Djojopuspito pemuda asal Kabupaten Tuban yang memimpin Kongres atau Sidang Pemuda hingga tercetusnya ikrar Sumpah Pemuda pada 27-28 Oktober 1928.

Sebatas diketahui, Sugondo Djojopuspito lahir di Tuban, Jawa Timur, 22 Februari 1905-meninggal di Yogyakarta, 23 April 1978  adalah tokoh pemuda tahun 1928 yang memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan Sumpah Pemuda.[hud/sas]