Gubernur Jatim Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Alun-alun Kabupaten Tuban, Kamis (28/10/2021) pagi.

Usai pelaksanaan upacara, Gubernur Jawa Timur mengungkapkan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim meminta kepada Bupati Tuban untuk menjadi tuan rumah.

Hal itu untuk mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat, bahwa yang memimpin Sidang atau Kongres Pemuda sampai diputuskanya Ikrar Sumpah Pemuda itu adalah warga Kabupaten Tuban, yaitu Sugondo Djoyopuspito.

"Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini untuk mengingatkan kembali kepada seluruh diantara kita, terutama warga Tuban dan kalangan Pemuda Indonesia bahwa yang memimpin sidang sampai kemudian diputuskan ikrar Sumpah Pemuda pada 27-28 Oktober 1928 adalah Sugondo Djoyopuspito dan itu adalah warga Tuban," terang Gubernur Jatim didampingi Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky.

Lebih lanjut, Khofifah berharap pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini masyarakat terpanggil memorinya bahwa yang memimpin sidang atau kongres pemuda hingga tercetus Sumpah Pemuda itu adalah warga Tuban.

Mantan Menteri Sosial RI itu juga berpesan kepada para pemuda untuk terus bergerak, berinovasi serta berkreatifitas demi percepatan pembangunan bersama.

"Saya berpesan hari ini pergerakan transformasi digital sangat cepat, membutuhkan inovasi dan kreatifitas untuk bisa membangun percepatan-percepatan kemajuan kita bersama, membangun kemandirian serta membangun karakter," terang Gubernur Jatim.[hud/sas]