Kemenpar RB Validasi Langsung Pelayanan Publik di Polres Tuban

 

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Noviana Andriana bersama rombongan berkunjung di Mapolres Tuban, Rabu (27/10/2021).

 

Kunjungan rombongan dari Kemenpar RB itu dalam rangka untuk melihat langsung dan melaksanakan validasi hasil evaluasi dari pelayanan publik yang ada di Mapolres setempat.

 

Di hadapan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II (Kemenpan RB) dan rombongan, Kapolres Tuban AKBP Darman memaparkan bahwa indeks kepuasan masyarakat Kabupaten Tuban terkait pelayanan Polri semakin meningkat.

 

"Sarana dan prasarana kita dalam pelayanan kepada masyarakat sudah sesuaikan dengan standar Covid-19, mudah-mudahan di tahun 2021 ini kita kembali mendapatkan kategori pelayanan dengan predikat A," terang mantan Kapolres Sumenep tersebut.

 

Sementara itu, Ketua Tim Validasi dan Evaluasi, Noviana Andriana menyampaikan, untuk mendapatkan predikat pelayanan prima dalam pelayanan harus mempunyai kebijakan yang berkualitas sehingga masyarakat bisa mudah mendapatkan pelayanan yang terbuka, transparan dan humanis.

 

"Harus memiliki layanan publik yang terintegrasi, hari ini kami akan melihat di lapangan bagaimana situasi pelayanan publik khususnya di unit SKCK dan Satpas," ucap Noviana.

 

Dia menambahkan, hasil dari validasi yang dilakukan akan diumumkan pada tahun depan. "Nanti kami akan cek di lapangan dan lakukan validasi dan hasilnya akan kami umumkan awal tahun depan," imbuhnya.

 

Diketahui, usai kegiatan pemaparan dilanjutkan peninjauan tempat-tempat pelayanan publik yang ada di Polres Tuban oleh Tim didampingi oleh Kapolres Tuban beserta para Pejabat Utama. 

 

Sasaran pertama yang didatangi tim yakni gedung pusat pelayanan masyarakat yang di dalamnya terdapat beberapa pelayanan diantaranya pelayanan SPKT, pelayanan penerbitan SIM, pelayanan informasi penyidikan serta pelayanan penerbitan SKCK dilanjutkan pengecekan pelayanan di gedung Satuan Penerbit Administrasi SIM (Satpas) polres Tuban.[hud/col]