Apel Siaga Bencana, Tuban Berpotensi Dilanda Banjir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebagai bentuk kesiapan menghadapi musim penghujan. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tuban menggelar pelaksanaan Apel Siaga Bencana di Lapangan belakang Mapolres Tuban, Senin (25/10/2021).

Apel siaga bencana itu, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Tuban, H. Riyadi yang didampingi oleh Kapolres Tuban, AKBP Darman serta Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon.

Pada kesempatan itu, Wabup Tuban H. Riyadi menyampaikan, apel siaga bencana ini sebagai bentuk kesiapan Forkopimda Tuban dalam rangka mengantisipasi bencana alam pada musim penghujan.

"Ini semata-mata sebagai kesiapsiagaan Forkopimda untuk mengantisipasi musim penghujan," terang Wakil Bupati usai memimpin apel.

Dia menjelaskan, pada musim penghujan nanti potensi bencana alam terbesar di Kabupaten Tuban adalah bencana banjir. Namun dengan kesiapsiagaan ini diharapkan bencana banjir bisa diantisipasi.

"Potensi bencana terbesar di Kabupaten Tuban masih biasa yakni bencana banjir, mudah-mudahan normal-normal saja dan semoga bisa kita antisipasi," tandasnya.

Lebih lanjut, untuk beberapa wilayah yang berpotensi terjadi bencana banjir yakni wilayah yang menjadi lintasan sungai bengawan solo diantaranya Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang dan Widang. 

"Kemudian wilayah yang berpotensi terjadi banjir bandang yakni, wilayah Montong, Merakurak, Singgahan serta Kecamatan Semanding dan insyaallah sudah kita antisipasi dan mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," imbuh Wabup.

Diketahui, dalam pelaksanaan apel siaga bencana ini diikuti oleh sekitar 300 personel lebih yang melibatkan semua unsur terkait mulai dari Personel Kodim 0811 Tuban, Polres Tuban, BPBD, Dishub, Damkar, Satpol PP, TRC, Santana, Dinkes Tuban dan Tagana.[hud/ono]