Inovasi Susu Sapi Segar Beraneka Rasa, Diminati Segala Usia

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

 

blokTuban.com- Susu sapi memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh karena terdapat protein, vitamin, lemak, mineral dan karbohidrat. Kandungan Fosfor, kalsium dan zat besi dalam susu sapi dibuktikan dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga baik untuk dikonsumsi anak-anak hingga lanjut usia. 

 

Selain itu mengonsumsi susu sapi juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Susu sapi mengandung protein tinggi, asam lemak omega-3, vitamin A dan berbagai jenis antioksidan lain sehingga mampu untuk mempertahankan sistem imun tubuh serta melindungi tubuh dari kerusakan sel dalam melawan infeksi. Sehingga dalam situasi Pandemi seperti saat ini dianjurkan untuk mengonsumsi susu sapi.

 

Pada umumnya, rasa susu sapi asli tanpa campuran apapun tidak memiliki rasa manis, melainkan sedikit asin dan gurih. Sehingga kebanyakan anak-anak tidak terlalu menggemari susu sapi asli, padahal manfaatnya sangat banyak, terutama untuk pertumbuhan. 

 

Sebab itu, banyak pedagang susu segar yang kemudian berinovasi memberikan aneka rasa minuman ke dalam susu sapi agar lebih disukai semua kalangan. Salah satunya adalah Susu Sapi Djoyo yang berlokasi di depan Gedung Budaya Loka, Jalam Basuki Rahmad, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

 

Santi, penjaga stand Susu Sapi Djoyo mengungkapkan varian rasa susu yang biasa digemari pembeli dikalangan usia remaja dan anak-anak antara lain coklat, strawberry, alpukat, dan vanilla. Sedangkan rasa susu sapi asli atau original lebih digemari oleh para orang tua dan usia lanjut. 

 

“Orang yang sudah tua-tua biasanya malah nggak suka pakai gula, rasa susu yang asli aja. Kalau anak-anak lebih suka yang manis dan yang berwarna lebih menarik,” ujarnya saat ditemui blokTuban.com pada Kamis (21/10/21). 

 

Ia juga menambahkan untuk varian rasa susunya ada banyak, antara lain coklat, strawberry, vanilla, alpukat, taro, kopi, mochacino, pisang, dan sebagainya. “Bisa pilih susu hangat atau dingin, jadi cocok diminum di segala cuaca,” paparnya. 

 

Stock susu sapi Djoyo diambil langsung dari KUD Kota Kediri. Nani, pemilik susu sapi Djoyo mengatakan bahwa biasanya mengambil persediaan susu sebanyak 500 liter dalam satu minggu. “Saya aslinya Kediri jadi tahu tempat ambil susunya karena mayoritas di sana banyak penjual susu sapi asli,” imbuhnya. 

 

Susu sapi asli tersebut menurut Nani dapat bertahan selama dua hari jika disimpan dalam lemari es dan akan bertahan lebih lama jika dibekukan, yakni satu bulan. Ia menambahkan bahwa biasanya jika dibekukan bisa terjadi perubahan warna karena terjadi proses pemisahan lemak, akan tetapi jika dimasak warnanya akan kembali seperti semula. 

 

Harga susu sapi Djoyo berkisar dari Rp5.000 untuk rasa original, atau susu sapi asli, sedangkan Rp7.000 untuk varian rasa yang lain. Susu sapi Djoyo juga menjual susu sapi mentah, atau susu sapi yang masih murni karena belum dimasak yang dihargai Rp15.000 per liternya. Dalam sehari Nani tidak menghitung secara pasti jumlah cup yang terjual, namun Ia mengaku bahwa yang terjual lumayan banyak. 

 

“Alhamdulillah lakunya banyak, tapi nggak tahu berapa yang penting terjual saja,” ujarnya. Susu sapi Djoyo mulai buka pukul 6.00 WIB- 13.00 WIB dan pukul 16.30 WIB- 20.30 WIB setiap harinya [din/col]