ORTN BRIN Bersama Anggota DPR RI Bantu Petani Tuban Benih Padi Varietas Inpari Sidenuk

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Litbang Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bidang Pertanian bersama Anggota DPR RI Komisi VII Hj Ratna Juwita Sari mempromosikan benih padi unggul kepada para petani di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Kegiatan promosi benih padi unggul serta sosialisasi kepada para petani tersebut diselanggarakan di Gubuk Tani Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, pada Selasa (19/10/2021).

Dalam kegiatan itu, ORTN BRIN dan anggota DPR RI Komisi VII memberikan bantuan sebanyak 300 kilogram benih padi Varietas Inpari Sidenuk. Bantuan benih padi itu diperuntukkan demplot serta para petani yang berada di desa setempat.

Perwakilan dari ORTN BRIN, Wijananto menyampaikan, kegiatan kali ini ORTN BRIN bekerja sama dengan anggota DPR RI Komisi VII, Hj Ratna Juwita Sari. Disini, ORTN BRIN memberikan sosialisasi terkait produk pertanian, yaitu benih padi unggul Varietas Inpari Sidenuk.

Selain mensosialisasikan benih padi, daam kesempatan ini ORTN BRIN juga akan memberikan bantuan benih padi unggul Varietas Inpari Sidenuk kepada para petani sebanyak 300 kilogram benih.

"Benih padi Varietas Inpari Sidenuk ini merupakan salah satu produk pertanian dari ORTN BRIN yang sudah dikenal luas oleh petani yang hasilnya bisa mencapai sekitar 10-12 Hektare," imbuhnya.

Dia berharap, masyarakat di daerah Kecamatan Jenu juga bisa merasakan produk dari ORTN BRIN. Sebab, sejauh ini sudah hampir 24 provinsi di Indonesia  sudah mulai mencoba produk dari ORTN BRIN.

"Kita harap ini ada timbal baliknya, jika nanti ada kekurangannya agar disampaikan kepada kami dan apabila nanti berhasil nanti bisa dilanjutkan dan kami siap jika nantinya ada permintaan lagi," harapnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi VII, Hj Ratna Juwita Sari menyampaikan, hari ini pihaknya mengajak kepada mitranya yakni ORTN BRIN untuk bisa memberikan inovasinya yakni benih padi unggulan Varietas Inpari Sidenuk.

"Tahun sebelumnya kami sudah mengajak mitra kami ini ke Kecamatan Plumpang dan sudah membuat demplot disana dan hasilnya baik dan memuaskan. Sehingga tahun ini kami bawa ke Desa Jenu," imbuhnya.

Dia menambahkan, dalam kegiatan ini ORTN BRIN memberikan bantuan benih padi kepada para petani sebanyak 300 kilogram benih yang diperuntukan 2 demplot dan para petani yang mana akan dikawal langsung oleh ORTN BRIN.

Diharapkan, dengan adanya bantuan benih unggulan dari ORTN BRIN ini mampu mensejahterakan masyarakat petani di Kabupaten Tuban. Dengan begitu, Tuban akan keluar dari peringkat ke 5 daerah termiskin di Provinsi Jawa Timur.

"Saya akan berusaha terus untuk bersinergi dengan mitra, apa yang bisa saya bawa pulang ke Tuban untuk mensejahterakan para petani," pungkasnya.[hud/sas]