Cerita Vaksin Bagi Napi dan Latih Kreasi Anak Selama Pandemi

foto: Vaksinasi di Lembaga Permasyarakan Kelas II B Tuban

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Ratusan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti serbuan vaksin COVID-19 yang digelar Polres Tuban . Sebagian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapat suntikan dosis pertama dan kedua, Sabtu(16/10/2021).

Narapidana kasus Narkotika asal Sidoarjo, SY (35) mengungkapkan dirinya bersyukur mendapatkan vaksin di Lapas dengan mudah. Dirinya kemudian membandingkan dengan orang-orang yang di luar.

“Saya bersyukur sekali bisa mendapat dua kali vaksin di sini. Alhamdulillah tidak perlu capek-capek antri seperti di luar Lapas," kata pria yang hampir satu tahun mendekam di Lapas Tuban.

BACA SELENGKAPNYA: Disuntik Vaksin, Napi Lapas Tuban Senang Tak Perlu Mengantre

Sementara itu, di era pandemi kreatifitas tidak boleh terbatas. Ada cerita anak-anak yang membuat karya berbahan dasar damen. Damen merupakan daun dari padi yang sudah dipanen oleh para petani dan telah mengering. Saat ini damen di Kabupaten Tuban memang sangatlah melimpah, hal tersebut dikarenakan banyaknya petani yang sedang panen raya.

Dengan adanya hal tersebut, pemuda bergerak yang ada di Desa/Kecamatan Plumpang, mengadakan kegiatan kemah tunggak damen pada Sabtu (16/10/2021). Dalam acara perkemahan ini, dibagi menjadi dua waktu yaitu pada siang hari dan juga malam hari.

Di siang hari, acara yang diselenggarakan di area persawahan tikungan tajam tersebut, meliputi pembuatan boneka damen, wayang damen, dan juga wong-wongan sawah dengan diikuti oleh RA. Nurul Jadiid Sembungejo. Nampak seluruh anak-anak yang menjadi peserta sangat menikmati acara tersebut, hal ini dibuktikan dengan adanya senyum merekah yang nampak di bibir seluruh anak.

BACA SELENGKAPNYA: Latih Kreatifitas Anak Melalui Pembuatan Wayang Damen