Petani Kreatif Saat Pandemi dan Kabar Vaksinasi di Tuban

Foto: Bawang Merah Varietas Tajuk yang Membantu Petani di Tuban Selama Pandemi

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 hampir berdampak pada seluruh sendi kehidupan di Indonesia. Salah satu sektor yang tidak begitu terdampak adalah pertanian. Seperti yang dialami para petani bawang merah di Kabupaten Tuban.

Pekan ini para petani yang berada di Desa Ngino, Kecamatan Semanding sedang panen raya. Empat pekerja bersama satu pemilik lahan berbaris memanen bawang merah varietas Tajuk yang setiap hari menjadi kebutuhan dapur keluarga.

Cara memanen bawang merah tidaklah sulit. Cukup ditarik perlahan, biji bawang merah sudah terlihat. Di bawah terik sinar matahari, para petani terus semangat karena harga panen kali ini cukup tinggi kisaran Rp16-18 ribu per Kilogramnya.

 

BACA SELENGKAPNYA: Pandemi, Petani Tuban Untung Tanam Bawang Merah Varietas Tajuk

 

Sementara itu, kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Capaian vaksinasi rendah atau kurang dari 50 persen, menyebabkan Kabupaten Tuban sekarang berada di PPKM Level 3. Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, vaksin dosis 1 baru 38 persen dan dosis 2 baru 20 persen.

Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo mengklaim bahwa Tuban dapat dengan mudah mencapai vaksinasi 50 persen dalam jangka waktu sepekan. Syaratnya didukung ketersediaan vaksinasi dari pusat dan provinsi.

 

BACA SELENGKAPNYA: Vaksinasi di Tuban, Relawan Melimpah Stok Vaksin Tersendat