Bekas Pabrik Kapur, Sekarang Jadi Tempat Penangkaran Rusa dan Ramai Dikunjungi

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki berbagai macam tempat wisata. Salah satu tempat untuk melepas penat dan bisa masuk secara gratis adalah Taman Kapur yang berlokasi di Jl. Gajah Mada, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Lokasi tersebut biasa disebut masyarakat sekitar dengan perempatan pabrik kapur. Siapa sangka bahwa taman kapur yang saat ini juga menjadi tempat penangkaran Rusa dulunya adalah pabrik kapur.

“Taman Kapur itu sebenarnya bagian yang luar, yang di dalam dan ada tempat penangkaran rusanya ini namanya Hutan Kota Dua Kapur, tapi memang lebih dikenal sebagai Taman Kapur,” ujar Karminto selaku penjaga penangkaran rusa yang berada di Taman Kapur tersebut pada Kamis (14/10/21).

Ia juga mengatakan bahwa di tempat penangkaran rusa saat ini dulunya ada empat Jubung (tempat pembakaran batu kapur) yang kemudian digempur semua dan pabriknya pindah di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Karminto, atau Pak To sapaan akrabnya menjelaskan bahwa rusa-rusa yang berada di penangkaran tersebut dulunya berasal dari Pendhopo Kabupaten Tuban. “Ini mungkin sudah sekitar 10 tahun yang lalu, dulu ada hanya 5 ekor, sekarang hampir ada 70 ekor sepertinya,” terangnya.
Karminto juga membeberkan bahwa untuk merawat rusa-rusa di sini tidak sulit. Ia biasa memberi makan rusa pagi dan sore setiap hari dan membersihkan kandang tempat penangkarannya setiap dua atau tiga hari sekali.

“Ini makanya rusa kadang ya kangkung, rumput, atau daun yang berupa rambanan itu jelas mau. Lebih gampang merawat rusa daripada kambing,” terangnya.

Meskipun awalnya hanya tempat penangkaran biasa, taman kapur ini selalu ramai dikunjungi untuk sekadar memberi makan-makan rusa setiap harinya.

“Ramainya mungkin baru sekitar empat tahunan kebelakang, dulu pengunjung ada tapi nggak seramai sekarang. Kalau Sabtu Minggu lebih ramai dari ini,” ujar Pak To.

Ia juga berpesan kepada para pengunjung untuk tidak melempar botol ataupun plastik ke dalam tempat penangkaran. Selama masih pandemi, wajib pakai masker dan jaga jaraknya.

Pengunjung Taman Kapur ini mayoritas orang tua bersama anak-anak yang masih kecil. Salah satunya adalah Muyas, wanita asal Perumahan Tasikmadu, Kecamatan Palang tersebut mengaku beberapa kali mengunjungi taman kapur untuk memberi makan rusa bersama anaknya yang berusia 2,5 tahun.

“Nggak sering, tapi sudah beberapa kali ke sini. Kalau suntuk gitu ke sini sekalian liburan gratis, yang penting anaknya senang,” ujarnya sembari memberi makan rusa dengan kangkung yang dibelinya dari penjual di penangkaran rusa tersebut.

Selain Muyas, Suprayitno pengunjung lain asal Sendangharjo juga mengaku sering mengunjungi Taman Kapur bersama cucu perempuannya yang masih berusia hampir tiga tahun.

“Saya sering diajak cucu saya ini, kalau nggak diturutin nangis nanti. Dia soalnya suka lihat rusa, paling setiap satu minggu sekali ke sini,” tutupnya. [dina/sas]