Rudy Susanto Atlet Biliar Tuban Akhiri Kehampaan Medali Emas bagi Jawa Timur di PON Papua

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Rudy Susanto atlet bilyard Kabupaten Tuban kembali bersinar di ajang PON XX Papua 2021. Setelah lima hari yang lalu mendapat medali perunggu, kini ia kembali meraih medali emas untuk Provinsi Jawa Timur.

"Rudy dapat emas pada cabang olahraga bilyard putra nomor 9 ball double," ujar Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban, Zaenal Maftuchin kepada reporter blokTuban.com, Senin (11/10/2021).

Ditambahkan Zaen sapaan akrabnya, dilansir dari Antara bahwa pebiliar ganda putra Erwin/Rudy Susanto mengakhiri kehampaan medali emas bagi Jawa Timur di cabang olahraga biliar PON XX Papua setelah memenangi babak final bola sembilan di GOR Biliar SP5 Mimika.

Ganda putra yang baru pertama kali dipasangkan di PON ini, unggul dengan skor 8-4 atas pasangan Arun/Noor Hidayatullah dari Kalimantan Selatan dalam pertandingan selama 2,5 jam.

Pertandingan berjalan ketat pada paruh awal, dengan pasangan Arun/Noor terus memepet perolehan gim poin. Erwin/Rudy yang mulanya unggul 1-0, bisa disamakan kedudukannya menjadi 1-1.

Kejar mengejar skor terus berulang hingga akhirnya kedudukan imbang 4-4. Mulai tahap ini, permainan Erwin/Rudy semakin matang, serta menghasilkan pukulan yang akurat.

Kemenangan ini menjadi revans bagi Erwin/Rudy kepada Arun/Noor dari pertemuan sebelumnya yang terjadi di babak semifinal nomor bola delapan ganda putra.

Akibat kekalahan itu, Erwin/Rudy hanya berhak meraih medali perunggu. Namun dengan hasil positif ini, Erwin/Rudy mematahkan harapan lawannya dengan memberikan medali perak.

Sementara untuk medali perunggu, diraih Rome/Punguan dari Sumatera Utara dan Ismail Kadir/Ahmad Riswan Adi Putra dari Sulawesi Selatan.

Diberitakan sebelumnya, ada delapan atlet asal Kabupaten Tuban yang dikirim ke PON Papua. Adapun rekapitulasi perolehan medali PON XX 2021 di Papua, medali emas diraih Candra Marimah pegulat putri Kelas 53 kg, Wika Asnunik atlet panahan beregu putri dan Rudy Susanto pebiliar putra nomor 9 ball double.

Sedangkan medali perak disabet Suliswanto atlet judo putra nomor Nageno Kata dan perunggu Rudy Susanto atlet bilyar putra nomor 8 vall bouble. Denga  total perolehan medali sementara 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu. [ali/sas]