Lima Ribu Peserta Bersih Pantai Jenu Kumpulkan 32 Ton Sampah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Gerakan bersih pantai di Kecamatan Jenu diikuti oleh lima ribu peserta dari berbagai elemen. Aksi yang dimulai pukul 07.00 Wib itu menghasilkan sampah plastik cukup fantastis yaitu 32 ton.

Bersih pantai di Kecamatan Jenu kali ini menyasar pantai sepanjang 32 kilometer (KM) dari ujung barat Pantai Dusun Karangdowo, Desa Socorejo sampai ujung timur Desa Sugihwaras atau tepatnya depan Hotel Purnama.

"Lebih kurang 5.000 peserta dan menghasilkan empat truck sampah penuh dan jalan dua rit. Bila dihitung satu truck mampu memuat 3-6 ton sampai. Kita buat rata-rata 4 ton x 8, maka 32 ton perkiraan sampah yang terkumpul," ujar Camat Jenu, M. Maftuchin Riza kepada blokTuban.com, Jumat (8/10/2021).

Camat Riza menambahkan, gerakan bersih pantai dibagi sesuai plot lokasi. Pantai Karangdowo dan Semilir dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, pelajar SD Socorejo, pelajar SMP Karangasem, pelajar SD dan SMP Muhammadiyah dan masyarakat setempat.

Sebelah timurnya Pantai Suri Indah di Desa Temaji akan dibersihkan oleh unsur pemerintah, Karang Taruna, karyawan PT. Surindah, karyawan RM. Jimbaran, pelajar SD dan masyarakat Temaji. 

Lokasi Pantai Multi Baja Industri (MBI) dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, karyawan MBI, karyawan PT. Putra Mahesa Persada (PMP), karyawan PT. Dwi Raksa, pelajar SD dan masyarakat Desa Purworejo.

Pantai Makam Syekh Subakir dibersihkan oleh unsur pemdes, karang taruna, karyawan PT. Tasha, PT. ATA, PT. Janti SMB, pelajar dan masyarakat Desa Tasikharjo. Bersih-bersih di Pantai Pasir Putih melibatkan unsur pemdes, karang taruna, karyawan PT. TPPI, pengelola wisata, pelajar dan masyarakat Desa Remen.

Sepanjang Pantai Pasar Poyo hingga Sumur Pawon dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, pelajar dan masyarakat Dess Mentoso. Pantai Dusun Semangke dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, karyawan PT. PJB PLTU Tanjung Awar-awar, PT. Kaka Sasmita, PT. MASA, PT. Inti Kalsium Indonesia, pelajar dan masyarakat Desa Wadung.

Sedangkan lokasi Kapedi/ Pantai Tajung dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, pelajar Mambail Huda dan masyarakat Desa Kaliuntu. Berikutnya Pantai TPI Dusun Meduran dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, pelajar Mambail Futuh dan masyarakat Desa Beji. Pantai Mangrove Center juga tak luput dari gerakan bersih sampah kali ini. 

Adapun unsur yang terlibat mulai pemdes, karang taruna, karyawan PT. Jara Silica, CV. Sembilan Jaya, UD. Dava, tambak udang Ocean, pelajar dan masyarakat Desa Jenu.

Lokasi terakhir di Desa Sugihwaras mulai pantai depan Hotel Purnama hingga Pantai Cemara dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, karyawan TBBM, Hotel Purnama, Hotel Dinasty, PT. Merdeka Nusantara, RM. Taman Sari, Hotel Mahkota, pengelola wisata, pelajar dan masyarakat Desa Sugihwaras.

"Terimakasih kerja kerasnya Kepala desa yang menggerakkan masyarakat, perangkat desa, karang taruna, pelajar, dan perusahaan diwilayahnya ikut bersih pantai pagi ini," imbuh mantan Camat Bangilan ini.

Ucapan terima kasih juga diungkapkan Camat Jenu kepada semua yang terlibat. Musim penghujan sudah di depan mata, semoga dengan bersihnya sampah mulai dari pemukiman warga (hulu) sampai dengan pantai (hilir) bisa memperlancar aliran air sehingga tidak terjadi banjir.

Kegiatan kolaborasi, sinergi ini diharapkan bisa berlanjut tidak hanya bersih sampah pantai saja. Pemkab (Kecamatan), pemdes, masyarakat, perusahaan dan semua yang terlibat termasuk para siswa dari mulai SD sampai dengan SMA sederajat, karang taruna, relawan ikut bersama-sama kerja bakti membersihkan sampah sepanjang pantai wilayah Kecamatan Jenu.

"Semoga kita semua menjadi sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat yang terbebas dari sampah. Kebersihan itu sebagian daripada Iman," pungkasnya. [ali/ono]