Keistimewaan Goa Ngerong, Ada Ikan Keramat dan Ribuan Kelelawar

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memang kaya akan goa, salah satu goa yang selalu menjadi perhatian masyarakat daerah Tuban dan sekitarnya adalah Goa Ngerong. Goa Ngerong ini berada di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

 

Goa Ngerong bisa menjadi salah satu alternatif wisata saat sedang berada di wilayah Tuban. Para pengunjung yang masuk ke dalam goa tersebut, akan dibuat takjub dengan ribuan kelelawar yang menggantung di dinding-dinding goa.

 

Selain ribuan kelelawar, ada juga ribuan ikan keramat yang berada di aliran air yang mengalir di sepanjang goa. Ikan ini dipercaya oleh masyarakat sebagai ikan keramat, oleh karena itu meski ikan di Goa Ngerong melimpah, masyarakat tidak berani mengambil ikan-ikan tersebut.

 

Untuk bisa masuk dan menikmati wisata Goa Ngerong, kalian cukup membayar biaya tiket Rp5000 untuk orang dewasa, dan Rp3000 untuk anak-anak.

Di dalam goa, para pengunjung bisa menikmati keeksotisan Goa Ngerong sambil memberi makan ikan-ikan tersebut. Banyak pedagang di dalam goa yang menjual makanan ikan seperti roti, kacang, hingga biji kapas.

 

Setelah makanan ikan dilemparkan kedalam air, maka ribuan ikan tersebut akan langsung berebut dan melahap seluruh makanannya. Selain memberi makan ikan keramat, para wisatawan juga bisa bermain air, karena air di dalam goa tersebut cukup dangkal, biasanya anak-anak bermain air dengan menggunakan perahu karet yang sudah tersedia di dalamnya.

 

Meskipun bukan hari libur, namun masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Goa Ngerong. Salah satunya Siroj, pemuda asal Bojonegoro, ia mengaku baru pertama kali mengunjungi tempat ini, dan setelah masuk ia takjub dan heran dengan pesona yang ada di dalam goa tersebut.

 

"Ini pertama kali, biasanya cuma lewat aja karena saudara rumahnya dekat dari sini, dan pengen liburan juga akhirnya mampir kesini," ucapnya saat ditemui blokTuban.com pada Jum'at (8/10/2021).

 

Menurut pengakuannya ia merasa tenang dan damai saat berada didalam goa lantaran suasana alamnya yg masih sangat alami.

 

"Menikmati suasana yang tenang sambil memberi makan ikan-ikan, sensasinya beda aja," tutupnya. [sav/lis]