Kecamatan Jenu Gerak Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Sepanjang 32 Kilometer

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kecamatan Jenu pada Jumat (8/10/2021) besok menggalakkan gerakan bersih pantai sepanjang 32 Kilometer (Km) diwilayahnya. Selain masyarakat, pemuda dan pemerintah, gerakan ini juga melibatkan anak-anak sekolah dan pelaku industri.

Camat Jenu, M. Maftuchin Riza mengatakan gerakan bersih pantai besok telah diploting sesuai lokasi dan siapa peserta terlibat. Kegiatan dimulai pukul 07.00 Wib dengan tetap disiplin protokol kesehatan.

"Ayo ikuti gerakan pantai di Kecamatan Jenu sepanjang 32 Km. Bila pantai bersih dari sampah maka yang berkunjung pun juga akan nyaman. Kepala desa akan bertindak sebagai koordinator lapangan," ujar Camat Riza kepada blokTuban.com, Kamis (7/10/2021).

Mantan Camat Bangilan ini menambahkan, dimulai dari ujung barat Kecamatan Jenu ada Pantai Karangdowo dan Semilir Desa Socorejo. Sesuai plot besok yang akan bersih sampah plastik adalah pemdes, karang taruna, pelajar SD Socorejo, pelajar SMP Karangasem, pelajar SD dan SMP Muhammadiyah dan masyarakat setempat.

Pantai Suri Indah di Desa Temaji akan dibersihkan oleh unsur pemerintah, karang taruna, karyawan PT. Surindah, karyawan RM. Jimbaran, pelajar SD dan masyarakat Temaji. Lokasi Pantai Multi Baja Industri (MBI) dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, karyawan MBI, karyawan PT. Putra Mahesa Persada (PMP), karyawan PT. Dwi Raksa, pelajar SD dan masyarakat Desa Purworejo.

Pantai Makam Syeh Subakir dibersihkan oleh unsur pemdes, karang taruna, karyawan PT. Tasha, PT. ATA, PT. Janti SMB, pelajar dan masyarakat Desa Tasikharjo. Bersih-bersih di Pantai Pasir Putih melibatkan unsur pemdes, karang taruna, karyawan PT. TPPI, pengelola wisata, pelajar dan masyarakat Desa Remen.

Sepanjang Pantai Pasar Poyo hingga Sumur Pawon akan dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, pelajar dan masyarakat Dess Mentoso. Pantai Dusun Semangke dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, karyawan PT. PJB PLTU Tanjung Awar-awar, PT. Kaka Sasmita, PT. MASA, PT. Inti Kalsium Indonesia, pelajar dan masyarakat Desa Wadung.

Sedangkan lokasi Kapedi/ Pantai Tajung akan dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, pelajar Mambail Huda dan masyarakat Desa Kaliuntu. Berikutnya Pantai TPI Dusun Meduran dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, pelajar Mambail Futuh dan masyarakat Desa Beji.

Pantai Mangrove Center juga tak luput dari gerakan bersih sampah kali ini. Adapu  unsur yang terlibat mulai pemdes, karang taruna, karyawan PT. Jara Silica, CV. Sembilan Jaya, UD. Dava, tambak udang Ocean, pelajar dan masyarakat Desa Jenu.

Lokasi terakhir di Desa Sugihwaras mulai pantai depan Hotel Purnama hingga Pantai Cemara dibersihkan oleh pemdes, karang taruna, karyawan TBBM, Hotel Purnama, Hotel Dinasty, PT. Merdeka Nusantara, RM. Taman Sari, Hotel Mahkota, pengelola wisata, pelajar dan masyarakat Desa Sugihwaras.

"Kepala desa ditugaskan menggerakkan masyarakat, perangkat desa, karang taruna, pelajar, dan perusahaan diwilayahnya," pungkasnya. [ali/sas]