Bupati Tuban Kejar Target Vaksinasi 50 Persen

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE. kembali melaksanakan peninjauan vaksinasi di tiga Kecamatan. Bersama Dandim 0811 Letkol. Inf. Viliala Romadhon, Kapolres Tuban AKBP Darman, Sekda Budi Wiyana, dan OPD terkait, menyasar di tiga balai desa, yaitu Desa Ngadipuro Kecamatan Widang, Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang, serta Desa Genaharjo Kecamatan Semanding.

Jumlah vaksin yang disuntikkan ke warga 400 dosis untuk Desa Ngadipuro Kecamatan Widang, Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang  83 Dosis, serta Desa Genaharjo Semanding 120 dosis.

Usai peninjauan, Mas Bupati menyebutkan capaian Vaksinasi Kabupaten Tuban telah menyentuh angka 32 persen. Angka tersebut berdasarkan hasil per Sabtu, 2 Oktober kemarin.

"Kalau di tambah dengan hari ini pasti lebih," terangnya, Senin (4/10/2021).

Adapun untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini, sebanyak 25 ribu dosis vaksin disebar di seluruh Kecamatan. Seperti sebelumnya, stok langsung dihabiskan dalam satu hari.

Lindra menambahkan capaian vaksinasi di Kabupaten Tuban tak lepas dari Kolaborasi antara Pemkab dengan TNI dan Polri. Untuk pelaksanaan kali ini, juga mendukung peringatan HUT TNI. Kolaborasi akan terus diperkuat dan menjadi ikhtiar bersama, agar bisa mencapai kekebalan komunal.

Sehari sebelumnya, Bupati juga meninjau vaksinasi di Balai Desa Grabagan Kecamatan Grabagan, Balai Desa Karangtinoto Kecamatan Rengel, SMA N 1 Soko Kecamatan Soko, dan Balai Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan.

Saat ini lansia masih menjadi target utama vaksinasi oleh Pemkab Tuban. Ini penting, sebab serapan vaksin untuk lansia di Kabupaten Tuban masih rendah. “Kita menargetkan 40 persen lansia di Kabupaten Tuban dapat menerima vaksin, sebab mereka adalah kelompok rentan yang harus dilindungi,” imbuhnya.

Pemkab Tuban juga akan terus menggenjot vaksinasi hingga masyarakat Kabupaten Tuban bisa tervaksin seluruhnya. Dengan terus merapatkan barisan bersama TNI dan Polri, Mas Bupati yakin, dalam waktu dekat capaian vaksinasi Kabupaten Tuban bisa menyentuh angka 50 persen. [ali/ono]