Ansor Jatim: Pembangunan Bidang Kehutanan Belum Sejahterakan Masyarakat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ketua PW GP Ansor Jawa Timur (Jatim) Syafiq Syauqi, atau yang akrab disapa Gus Syafiq mengeluarkan perintah agar di setiap momentum penting, kader Ansor terlibat aktif dalam berbagai pos strategis. Satu di antara intruksinya, kader ansor di seluruh Jatim ambil peran dalam proses pembangunan Sumber Daya Hutan.

“Seluruh kader Ansor wajib ikut menjaga kelestarian hutan sekaligus memanfaatkan sumber daya hutan untuk kemaslahatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Gus Syafiq, Senin (4/10/2020).

Hal tersebut, menurut mantan ketua PC GP Ansor Tuban, berangkat dari kesadaran ideologis. Kata dia, bahwa GP Ansor sebagai organisasi yang dilahirkan oleh Ulama mendapatkan wasiat penting untuk menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan NKRI.

Pihaknya mengklaim telah intens berdiskusi tentang potensi besar Sumber daya hutan yang belum tergarap maksimal. Hal itu berangkat dari kesadaran tentang pentingnya kehadiran Ansor dalam berbagai pos strategis termasuk kawasan hutan.

“Tingginya tingkat kemiskinan masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar hutan serta munculnya berbagai konflik pemanfaatan sumber daya hutan, mengharuskan Kader Ansor untuk terjun dalam pembangunan kawasan hutan,” tandasnya.

Data yang dihimpun Ansor Jatim, menyebut bahwa tiga belas persen penduduk miskin tinggal di kawasan hutan. Gus Syafiq dengan tegas mengatakan, kader Ansor harus segera menyelesaikan problem besar ini dengan ikut membangun dan mendampingi masyarakat desa hutan dalam memanfaatkan kawasan hutan produktif.

Kebijakan pembangunan bidang kehutanan yang dilakukan pemerintah selama ini dinilai Ansor Jatim belum mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar area hutan secara optimal. Terlebih kondisi terus meluasnya degradasi hutan, turunnya produktivitas kayu, dan tingginya tingkat kemiskinan masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar hutan.

“Ansor Jatim siap bersinergi dengan Pemerintah dalam hal ini Perhutani dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan untuk bersama memanfaatkan potensi sumber daya hutan agar lebih maksimal dan maslahat bagi masyarakat,” imbuhnya

Masih Gus Syafiq, guna mewujudkan hal tersebut, PW GP Ansor Jatim telah menyiapkan tim beserta pirantinya. Tim tersebut focus atekait perumusan ide gagasan pendampingan dan program tata kelola sumberdaya hutan.

“Kami akan menyusun Master Plan Pengelolaan Hutan Produktif Rakyat sebagai bakti kami dalam turut serta menjaga dan membangun potensi hutan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Gus Syafiq. [rof/sas]