Hari Ini Tuban Catatkan Nol Kasus Baru Covid-19

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban pada hari Jumat (1/10/2021) mencatatkan nol kasus baru, nol kematian dan 12 orang sembuh dari virus Covid-19.

 

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan capaian nol kasus baru baru terjadi hari ini. Sedangkan pada hari-hari sebelumnya kasus baru masih terus muncul.

 

"Kadang dua kasus, tujuh kasuh, satu hingga 15 kasus terkonfirmasi positif Corona," ujar Bambang kepada blokTuban.com.

 

Total kumulatif sampai hari ini ada konfirm 7399 orang, terkonfirmasi sembuh 6428 orang, terkonfirmasi meninggal 923 orang, dan terkonfirmasi masih dirawat/dipantau 48 orang. Mereka yang masih di rawat tersebar di RSUD R Koesma 11 orang, RSNU 2 orang, RS Medika 1 orang, RS Luar 10 orang, dan Isoter 24 orang.

 

Seiring dengan penurunan kasus baru, vaksinasi di Kabupaten Tuban terus dilakukan seiring dengan pengetatan penerapan protokol kesehatan 3M mulai dari memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan air dan sabun serta menjaga jarak aman.

 

Di lain sisi, Kodim 0811 Tuban telah menuntaskan program vaksinasi bagi kalangan pelajar dan tenaga pendidik dalam sepekan. Dalam praktiknya mereka melibatkan bidan desa di masing-masing wilayah kecamatan se-Kabupaten Tuban untuk melakukan penyuntikan sebanyak 15 ribu dosis vaksin jenis Sinovac.

 

“Kodim 0811 melibatkan bidan desa (tenaga kesehatan) setempat dalam pelaksanaan penyuntikan yang diperuntukan bagi kalangan pelajar di Tuban. Dalam hal ini telah disimulasikan pada beberapa titik sekolahan dan cukup hanya membutuhkan waktu sepekan selesai 15 ribu vaksin,” sambungnya.

 

Sejauh ini Pemkab Tuban masih terkendala stok ketersediaan vaksin. Dalam hal untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity. Sehingga jumlah warga masyarakat di Kabupaten Tuban yang telah tervaksin dosis pertama sejumlah 25 persen dan sedangkan dosis kedua baru mencapai 12 persen.

Romadhon mengaku siap bekerja keras untuk percepatan vaksinasi di Tuban. Bahkan seandainya Tuban dikucurkan dalam jumlah 1 juta dosis vaksin, pihaknya pun sanggup akan menghabiskan dalam kurun waktu satu bulan.

 

“Apabila Tuban dikucurkan dosis dalam jumlah besar sebanyak satu juta, maka akan kami selesai dalam waktu kurang lebih satu bulan,” terang Dandim 0811 Tuban. [ali/col]