Digusur dari Jakarta, Sekarang Laris Jualan Es Campur dan Gado-gado

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Menikmati es campur di siang hari saat cuaca sedang panas adalah pilihan yang tepat. Salah satu es campur yang selalu ramai didatangi pembeli adalah es campur milik Eko yang berlokasi di Jalan Pahlawan, dekat dengan jalan kembar menuju arah Perumahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban.

Meskipun berjualan di tepi jalan, gado-gado dan es campur Eko selalu laris oleh pembeli. Pria asal Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban tersebut mulai berjualan gado-gado dan es campur sejak tahun 2005 silam.

“Sebelum jualan di sini dulu pernah di Jakarta jualan gado-gado, tapi kena gusur, jualannya dulu di belakang Istana,” terangnya ketika ditemui, Jumat (17/9/2021).

Eko biasanya mulai mempersiapkan bahan jualannya sejak pukul 04.00 pagi dan mulai datang ke lokasi jualan pukul 11.00 siang. Ia biasanya berjualan hanya sampai pukul 16.00 sore dan libur ketika hari Jum’at.

Meskipun Ia mengaku es campurnya sama seperti es campur lain, namun pelanggan Eko ada yang datang dari jauh, seperti Paciran, Rengel, dan Babat. “Es campurnya ya sama seperti pada umumnya, isinya pudding, agar-agar, nangka, melon, selasih, roti tawar, terus dikasih santan, gula, sama es batu aja,” jelasnya.

Harga es campur yang dijual Eko sebesar Rp6.000 sedangkan untuk gado-gado seharga Rp12.000 per porsi. Dalam setiap hari membawa 70 porsi es campur dan 100 porsi gado-gado yang selalu habis sekitar pukul 16.00 Wib.

Selama situasi pandemi Eko mengaku penjualannya masih lancar dan tidak terlalu berpengaruh. Suka duka lain ketika berjualan sudah hampir 16 tahun lamanya juga diungkapkannya.

“Dulu sering ditertibkan satpol PP, tapi sekarang udah jarang, sepertinya paham situasi Covid. Orang sama-sama butuh cari uang buat makan," bebernya.

Endang, salah satu pembeli asal Kecamatan Rengel mengatakan, sudah pernah membeli gado-gado dan es campur di sini sebelumnya. Selepas acara di Tuban Kota, langsung mampir membeli es campur dan gado-gado Eko.

Pembeli lain asal gedongombo, yakni Solikah juga mengungkapkan hal senada. “Sudah sering beli es campurnya Mas Eko, enak seger diminum pas panas-panas gini,” pungkasnya. [dina/mu]