Pipa Minyak Mentah Bocor, PEP Cepu Field Tangani Cepat

Reporter: Parto Sasmito

blokTuban.com - Pipa minyak mentah yang ada di wilayah Desa Tambakromo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, sempat mengalami kebocoran. Namun, saat ini Pertamina EP (PEP) Cepu Field telah menyelesaikan perbaikan pipa.

 

PEP Cepu Field Manager, Agung Wibowo mengatakan, pihaknya berfokus pada pembersihan area sekitar ceceran minyak yang memang sudah dimulai sejak hari pertama. Proses perbaikan pipa dan pembersihan dilakukan secara bersamaan.

 

“Kami melakukan pembersihan di area yang terjadi ceceran sejak awal, pada saat dilakukan perbaikan kami juga telah memulai melakukan pembersihan. Sehingga saat ini kami dalam tahap finalisasi pembersihan," kata Agung.

Perbaikan pipa, PEP Field Cepu sudah menyelesaikannya 100% sejak Senin (20/9/2021). “Pipa sudah berhasil ditutup sempurna dan sudah dilakukan pengetesan hingga sudah dipastikan dapat difungsikan kembali,” imbuhnya.  

Agung menambahkan, gerak cepat penanganan terhadap ceceran fluida terlihat sejak hari pertama terindikasi adanya ceceran, tim penanganan langsung melakukan penghentian pemompaan dan penutupan block valve di dekat lokasi agar aliran seketika dapat dihentikan. "Selain itu dilakukan penyekatan sungai yang kondisinya memang cukup kering agar ceceran fluida dapat dilokalisir," ujar Agung.

Koordinasi dan prosedur pelaporan kepada SKK Migas dan stakeholders lainnya juga terus dilakukan. “Hari ini kami bertemu dengan Kepala Desa Tambakromo, untuk memberikan informasi telah selesainya perbaikan pipa. Kami juga menyampaikan bahwa PEP Cepu Field berkomitmen mengedepankan aspek keamanan keselamatan dan lingkungan dalam menjalankan operasi,” tutup Agung.