Kodim Tuban Tuntaskan 15 Ribu Dosis Vaksin Dalam Sepekan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com – Komandan Kodim (Dandim) 0811 mengklaim telah menuntaskan vaksinasi 15 ribu dosis bagi kalangan pelajar dan pendidik dari seluruh pelosok Kabupaten Tuban dalam sepekan. Pihaknya melibatkan tenaga kesehatan (nakes) setempat di beberapa sekolah.

 

“Untuk mencapai target vaksinasi jenis Sinovac ini kita melibatkan bidan desa di masing-masing wilayah Kecamatan se-Kabupaten Tuban,” terang Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, Jum’at (17/9/2021).

 

Beberapa minggu sebelumnya, Kodim 0811 juga diklaim telah menditribusikan 7.750 dosis vaksin di berbagai podok pesantren. Pihaknya berharap, menghadapi pembelajaran tatap muka kalangan pelajar dapat terlindungi kesehatannya.

 

“Harapan kami kalangan pelajar bisa terlindungi, minimal telah mendapatkan vaksinasi tahap pertama, seperti halnya yang telah kami lakukan di ponpes agar program vaksinasinya merata,” imbuhnya.

 

Dandim komitmen, untuk membantu percepatan vaksinasi, agar target herd immunity di Tuban bisa tercapai. Bahkan Perwira menengah jebolan Akmil 2001 itu siap menggelar vaksinasi 1 juta dosis dalam kurun waktu sebulan.

 

“Jika Tuban dikucurkan dosis dalam jumlah besar sebanyak satu juta, maka akan kami selesai dalam waktu kurang lebih satu bulan,” tandasnya.

 

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, sejauh ini Pemkab Tuban masih terkendala stok ketersediaan vaksin dalam menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity. Sehingga jumlah warga masyarakat di Kabupaten Tuban yang telah tervaksin dosis pertama sejumlah 25 persen dan sedangkan dosis kedua baru mencapai 12 persen. [rof]