Ini Rahasia Warga Sejuwet Tetap Fit dan Jaga Imun

Reporter:i Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan berenergi, apalagi dimasa pandemi dan PPKM saat ini, Jumat (17/9/2021).

Siapa pun perlu menjaga imun tubuhnya supaya tetap dapat menjalan aktifitasnya seperti biasa. Salah satunya yang dilakukan warga Dusun Sejuwet, Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang mereka beramai-ramai mengadakan kegiatan olahraga seminggu sekali setiap hari jum'at, mulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Kegiatan olahraga bersama ini diawali sejak diberlakukannya PPKM Darurat Jawa-Bali. Ide ini bermula dari Habib Mustofa salah satu warga Sejuwet yang juga merupakan tokoh masyarakat.

Awalnya olahraga senam tersebut dilakukan setiap hari, namun karena kebijakan pemerintah yang mulai melakukan pembelajaran tatap muka, senam tersebut kemudian diganti menjadi seminggu sekali.

"Dulu setiap hari, lalu seminggu libur dua kali karena sekolah masuk, sekarang jadi hari jum'at saja," ucap Faizzatul Husna salah satu warga yang mengikuti senam.

Pemandu senam tersebut adalah Miftahul Ulum. Ia juga biasa mengajar olahraga di sekolah. Tujuan utama kegiatan warga Sejuwet yaitu berjemur dan menggerakkan badan, kemudian tercetuslah ide senam bersama tersebut.

Olahraga senam biasanya diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat, mulai dari kakek-nenek, ibu-bapak, remaja, hingga anak-anak.

Jumlah peserta senam tersebut paling banyak diikuti lebih dari 20 peserta, namun sekarang karena banyak anak yang masuk sekolah, menyebabkan peserta senam berkurang.

"Efek yang dirasakan setelah mengikuti senam bersama tersebut adalah suasana hati menjadi senang, berkeringat, dan juga badan merasa lebih sehat," tutup Faizzah. [sav/lis]