Cegah Laju Covid-19, PT Pertamina EP Gelar Sharing Knowledge

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com – Bayang-bayang Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) masih belum sirna, termasuk di Indonesia. Sebagai perusahaan penyangga energi di tanah air, PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) tidak lengah terkait hal itu.

 

Salah satu upaya guna meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Penyakit karena infeksi virus dengan sebutan Covid-19 di lingkungan kerja, PT Pertamina EP menggelar Sharing Knowledge tentang penanggulangannya. Acara yang dikemas secara virtual tersebut digawangi Zona 7 Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, yaitu Tambun Field.

 

“Acara sharing yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh seluruh pekerja, TKJP dan mitra kerja,” terang Rachmad Dwi Laksono, Senior Manager Tambun Field, dilansir dari media resmi Pertamina Hulu Energi.

 

Menurut Rachmad, seluruh pekerja, TKJP dan mitra kerja tetap waspada. Meskipun kata dia, dalam kenyataannya kasus positif Covid-19 melandai atau bahkan menurun. Pihaknya juga mengapresiasi Fungsi HSSE khususnya Tim Health yang telah bekerja keras mengendalikan kasus Covid di wialayah kerja perusahaan plat merah tersebut.

 

“Kami tetap terapkan protokol kesehatan di manapun berada, baik di lingkungan keluarga maupun di tempat kerja,” imbuhnya.

 

Di sisi lain, dr. Nanda Aryudea selaku Dokter Onsite Tambun Field menyampaikan cara mengendalikan laju kasus Covid-19 di perusahaan dengan cara mencegah kontak erat. Tidak kalah penting pula kata dia, Ventilasi, Durasi, dan Jarak (VDJ) di lingkungan kerja wajib diperhatikan.

 

“Perusahaan juga aktif melakukan vaksinasi kepada pekerja, TKJP dan mitra kerja, termasuk keluarga serta masyarakat. Selain itu, Screening medis melalui pemeriksaan Covid-19 dengan Swab Antigen dan PCR juga rutin dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” klaimnya.

 

Dalam penanggulangan Covid-19, PT Pertamina EP Tambun Field juga rutin serta pencegahan lain-lain di lingkungan kerja seperti desinfeksi ruangan, serta penempatan fasilitas cuci tangan di beberapa tempat. [Rof]