Pemkab Tuban Fasilitasi Penerbitan Akta Kematian Covid-19, dan Kabar dari Haul di Ponpes Langitan Saat Pandemi

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tuban melakukan jemput bola untuk memfasilitasi penerbitan akta kematian bagi penduduk yang meninggal karena Covid-19. Langkah strategis tersebut menindaklanjuti Surat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri RI Nomor 472.12/12498/Dukcapil tanggal 13 September 2021.

Gerak cepat dilakukan Dukcapil dengan mengirimkan surat kepada Camat di 20 kecamatan perihal layanan keliling akta kematian tahun 2021. Memohon Camat agar memberitahukan kepada kepala desa diwilayahnya untuk membantu pelaksanaan sesuai jadwal mingguan, serta membantu menyosialisasikan kepada keluarga sasaran sehinga kegiatan berjalan dengan jumlah cakupan yang memadai.

“Untuk masyarakat dengan kondisi yang jauh dari lokasi kegiatan, opsi desa dimohon bantuannya untuk melakukan jemput bola/menghimpun berkas permohonan dari masyarakat desa masing-masing untuk diajukan kepada tim Dinas Dukcapil saat kegiatan,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Tuban, Rohman Ubaid kepada blokTuban.com, Rabu (15/9/2021).

BACA SELENGKAPNYA: Dinas Dukcapil Jemput Bola Fasilitasi Penerbitan Akta Kematian Covid-19

Ponpes Langitan merupakan salah satu Pondok tertua di Pulau Jawa, yang didirikan oleh KH. Muhammad Nur pada tahun 1852 M. Banyak tokoh-tokoh besar dan pengasuh pondok pesantren yang dididik dan dibesarkan di Ponpes Langitan seperti KH. Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy'ari, KH. Syamsul Arifin (ayahanda KH. As'ad Syamsul Arifin).

Sampai saat ini Ponpes Langitan masih terus berkembang dari masa ke masa,  dan kembali mengadakan perhelatan Haul KH. Abdul Hadi Zahid yang ke-51 dan masyayekh Ponpes Langitan pada Kamis,  (16/09/21).

KH. Abdul Hadi Zahid merupakan pengurus Ponpes Langitan generasi Ke-4, beliau merupakan putra menantu dari KH. M. Khozin, beliau menikah dengan Ning Juwairiyah pada usianya yang ke-25 tahun.

BACA SELENGKAPNYA: Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual