TPPI Bantu Pembangunan Sarana Ibadah dan TPA di Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Melalui program Corporate Social Responsibiity (CSR) yang berkelanjutan, PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) terus bersinergi dengan pemerintah desa dalam upaya program pembangunan sarana ibadah dan sarana belajar agama bagi anak-anak di sekitar operasi Kilang TPPI Tuban, Selasa (14/9/2021).

Pada kesempatan ini, TPPI menggelontorkan dua bantuan melalui program Infrastruktur yaitu bantuan pembangunan Masjid Al Falah yang berada di Dusun Plaosan, Desa Tasikharjo senilai Rp50.000.000 dan bantuan pembangunan TPA/TPQ Desa Purworejo Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban senilai Rp.20.000.000.

Pembangunan kedua sarana pendukung pembentukan mental spiritual bagi anak-anak dan warga desa ini patut didukung, agar generasi penerus nanti memiliki landasan pemikiran spiritual yang kuat dan mengarah ke hal-hal positif serta membangun.

Hadir dalam pelaksanaan penyerahan bantuan tersebut diantaranya Sugiyo, General Manager PT. TPPI, Camat Jenu, Kepala Desa Tasikharjo dan Kepala Desa Purworejo.

Dalam sambutannya Sugiyo menyampaikan bahwa bantuan dari perusahaan selain sebagai bentuk kepedulian dan dukungan dari perusahaan ke pemerintah desa juga merupakan suatu triger agar semua lapisan masyarakat termasuk karyawan TPPI yang hampir 40% dari warga desa sekitar ini ikut berperan serta nyengkuyung pelaksanaan pembangunan kedua sarana ini hingga rampung dan dapat bermanfaat bagi warga sekitar.

“Saya akan bantu menyosialisasikan ke seluruh karyawan TPPI agar turut serta berpartisipasi baik besar maupun kecil agar membantu pelaksanaan pembangunan masjid serta TPA/TPQ ini dapat berjalan dengan lancar. Tanpa peran serta dari seluruh elemen dan semua lapisan masyarakat tentu program pembangunan ini tidak dapat terlaksana dengan baik,” tutur Sugiyo.

Kepala Desa Tasikharjo, Damuri sekaligus mewakili Kepala Desa Purworejo mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. TPPI yang tidak pernah ketinggalan dalam ikut andil di setiap kesempatan pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh pemerintah desa.

Senada dengan Kepala Desa, Camat Jenu, M. Maftuchin Reza juga menyampaikan hal yang sama bahwa dalam hal apapun yang kami rasakan bahwa PT. TPPI selalu ada dan selalu hadir bersama-sama pemerintah dalam program kemasyarakatan.

Disambung Taheran Sidik Prabowo selaku PR & CSR Section Head TPPI bahwa program dukungan perusahaan terhadap pembangunan sarana belajar dan ibadah ini merupakan salah satu program bantuan langsung dari perusahaan dalam mendukung kegiatan pembangunan desa.

“Namun hal terpenting yang dapat diambil hikmah dari kegiatan ini adalah jalinan silaturahmi, komunikasi dan koordinasi antar pimpinan dalam pemerintahan maupun perusahaan ini akan dapat membantu memecahkan setiap permasalahan yang timbul di masyarakat,” kata Taheran.

Komunikasi yang baik melalui program-program yang bersinergi ini, lanjut Taheran secara tidak langsung akan mewujudkan kekompakan dalam setiap pemecahan permasalahan. Kolaborasi yang terjalin ini berdampak pada munculnya pemikiran-pemikiran yang bersifat membangun, baik bersifat membangun di lingkungan desa juga membangun di perusahaan.

Bila perusahaan dapat beroperasi dengan aman dan lancar tanpa gangguan dari masyarakat, maka perusahaan TPPI  juga dapat berperan serta dalam pembangunan semua aspek di masyarakat. Pada akhirnya bahwa keberadaan perusahaan di tengah-tengah masyarakat menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan pembangunan desa.

“Begitu pula masyarakat juga bagian elemen penting bagi perusahaan sebagai fungsi kontrol atas kehadiran industri, kinerja dan kepedulian perusahaan di tengah tengah masyarakat,” sambung pria asli Tuban ini.

Diketahui, penyerahan bantuan yang ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur. Sekaligus sebagai awal dimulainya pembangunan Masjid Al Falah di Desa Tasikharjo ini di tutup dengan doa bersama agar niat baik dan upaya dari semua pihak dapat berjalan dengan lancar, amanah, barokah serta mendapat Ridho dari Allah SWT. [ali/sas]