Jaga Kebugaran Tubuh, Lansia Tuban Rutin Senam

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Olahraga merupakan hal yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh, terlebih pada kelompok lansia. Meskipun masih berada di masapPandemi Covid-19, pada Kamis (9/9) kegiatan senam di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga tetap dilaksanakan.

Kegiatan tersebut dilakukan sesuai prokes yakni dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Kegiatan senam yang diadakan oleh Klub Senam GRES (Guyup, Rukun, Enjoy, Sehat) diselenggarakan rutin setiap hari Senin dan Kamis. Kegiatan ini boleh diikuti masyarakat umum, tetapi mayoritas yang bergabung para lansia.

“Yang ikut bebas, tapi rata-rata ini yang hadir lansia atau pensiunan,” ujar Sidik pengurus Klub Gres.

Sidik menambahkan, bahwa senam ini terbagi menjadi dua sesi, pertama untuk lansia, yang kedua jenisnya aerobik. Gerakan yang aerobik tersebut lebih keras dan berpower serta lebih diminati kawula muda.

Para lansia yang mengikuti senam juga banyak yang merasa lebih sehat. Selama 11 tahun klub berdiri, banyak cerita dari peserta yang rutin mengikutin senam.

Abdul Karim, (57) salah satu anggota klub senam GRES yang sudah mengikuti senam rutin selama lima tahun. Kesehatan yang diperolehnya bukan sekedar jasmani, tapi juga rohani.

“Yang dirasakan saat ikut senam ya lebih sehat jasmani rohani,” sambung Abdul.

Selama pandemic Covid-19, kegiatan senam off selama satu bulan. Sebagai gantinya ia memilih untuk melakukan kegiatan jalan-jalan santai.

Selain Abdul Karim, Surya (49) juga selalu mengikuti senam di GOR. Dirinya mengaku mengikuti senam setiap hari, tapi beda-beda klub. Kurang lebih satu tahun mengikuti senam, tubuhnya terasa lebih bugar dan energik.

“Badan saya lebih segar, lebih enak saja karena umur saya juga sudah tua,” tutupnya. [din/ono]