Update Covid-19, Tuban Zona Kuning Hingga Jumlah Pasien Sembuh Di Jatim Lebih Banyak

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - 18 kabuoaten/kota di Jatim masuk Zona Kuning, Termasuk Tuban. Sementara untuk kasus aktif atau masyarakat yang tengah dirawat tercatat sebanyak 7.520 pasien atau 1,94 persen.

 

Sedangkan data kumulatif kasus Covid-19 sejak awal pandemi ada 387.421, lalu 351.141 atau 90,64 persen masyarakat dinyatakan sembuh dan 28.760 atau 7,42% pasien meninggal dunia. Dengan kondisi saat ini, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, pun bersyukur dan mengapresiasi kerja keras dan partisipasi semua pihak yang ikut mencegah penyebaran Covid-19 di Jatim. 

 

“Kami sangat bersyukur, 18 Kabupaten/kota di Jatim masuk zona kuning. Ini berkat kerja sama semua pihak, di dalamnya termasuk Forkopimda Jatim, Pemkab/Pemko, tenaga kesehatan (nakes), tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, media, dan seluruh elemen masyarakat,” kata Khofifah. 

 

Mengutip jatimprov.go.id, di wilayah Jatim sudah tidak ada lagi daerah zona merah. Untuk zona orange tercatat 20 kabupaten/kota, yakni Ponorogo, Kota Madiun, Madiun, Blitar, Tulungagung, Kota Malang, Nganjuk, Lumajang, Jember, Kota Mojokerto, Trenggalek, Malang, Magetan, Gresik, Kota Kediri, Pacitan, Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Probolinggo.

 

Gubernur juga meminta semua pihak dapat mempertahankan capaian positivity rate yang berada di bawah 5% atau sesuai Standar WHO, maupun posisi zonasi level daerah. Seluruh elemen masyarakat tetap diminta untuk tidak lengah dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dimanapun berada. 

 

“Tetap jaga prokes, meski laju penyebaran Covid-19 di Jatim terus melandai. Sehingga, kedepan Covid-19 makin terkendali,” pungkasnya. [Rof]