Belasan Anak di Montong Ikuti Khitan Masal Gratis di Kantor MWC NU

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Majelis Wakil Cabang Nahdlotul Ulama (MWC NU) Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban menggelar kegiatan khitan masal gratis di Aula Gedung MWC NU setempat, Sabtu (4/9/2021).

Kegiatan rutin setiap tahun itu digelar dalam rangka untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah. Tercatat, tahun ini ada 19 anak dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Montong yang mengikuti khitan masal.

"Untuk peserta khitan masal gratis tahun  ini ada 19 anak," kata Ketua Panitia Khitan Masal, A. Jamalul Fuad.

Dia mengungkapkan, kegiatan khitan masal gratis ini merupakan agenda tahunan dari MWC NU Kecamatan Montong sebagai sarana untuk membantu warga kurang mampu yang ingin mengkhitankan anaknya.

Selain gratis, peserta khitan masal ini juga diberi fasilitas berupa baju koko, sarung dan santunan (Uang Saku).

"Jadi, kegiatan ini diselenggarakan untuk meneruskan tradisi yang sudah berjalan dari tahun ke tahun. Selanjutnya, kegiatan ini merupakan sarana untuk membantu warga yang kurang mampu untuk mengkhitankan anaknya," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia memaparkan ada beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh MWC NU Kecamatan Montong dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam.

Mulai dari Khotmil Quran oleh PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Montong, ziarah ke makam Masyayikh NU Kecamatan Montong dan makam Waliyullah, Lailatul Ijtima' serta khitan masal gratis ini.

Sementara itu, salah satu pendamping peserta khitan masal, Ali mengaku senang lantaran keponakannya bisa ikut serta dalam kegiatan khitan masal gratis ini.

"Tadi saya ngantar keponakan ikut khitan masal gratis ini mas, Alhamdulillah anaknya tadi juga senang," ungkap Ali.

Menurutnya, kegiatan khitan masal gratis yang digelar oleh MWC NU Kecamatan Montong ini sangat bermanfaat dan sangat membantu terutama bagi warga kurang mampu yang ingin mengkhitankan anaknya.[hud/sas]