Vaksin Moderna Nakes Tuban Ditargetkan Selesai Oktober 2021

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - Untuk mencapai immune booster tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Tuban telah menjalani vaksinasi dosis ketiga jenis moderna. Pemberian vaksin ini ditargetkan hingga Oktober 2021.

 

"Hingga hari ini sedikitnya ada 1.821 Nakes yang sudah mengikuti Vaksinasi. Kita mulai itu sejak 7 Agustus 2021," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Tuban Atiek Supartiningsih, Jumat (20/08/2021).

 

Ia menambahkan, secara bertahap target vaksinasi Nakes di Kabupaten Tuban sebanyak 3.349 orang. Mereka tersebar di 20 kecamatan dan 33 Puskesmas.

 

Selain itu, pihaknya juga telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama jenis Sinovac bagi Ibu Hamil (Bumil). Namun karena keterbatasan stok vaksin dosis pertama, Bumil yang telah ikut vaksinasi baru 76 orang.

 

"Stok vaksin untuk Bumil masih kosong dan menunggu droping lagi, bahkan masih banyak juga dosis kedua tertunda karena vaksin datangnya sedikit-sedikit," tandasnya.

 

Perlu dipahami, Vaksin ini penting dilakukan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), karena dari Pemerintah Pusat sudah ada rekomendasi untuk vaksinasi ibu hamil. Jadi tidak perlu khawatir untuk ikut vaksin. 

 

Selain itu ia menekankan bagi Bumil, meski telah divaksin untuk tetap jaga prokes. Sebab dengan begitu, angka penularan virus corona dapat diminimalisir.

 

"Meski sudah vaksin, tetap bumil harus jaga prokes. sebab mereka sangat rentan," pungkasnya.[rof]