Usaha Vaksinasi di Tuban Menyasar Banyak Kalangan

foto: Vaksin untuk ODGJ di Tuban

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sejumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), disabilitas dan anak-anak difabel wilayah Kecamatan Widang mulai divaksin oleh petugas puskesmas setempat, Jumat (20/8/2021).

"Hari ini vaksinasi kami khususkan untuk ODGJ, penyandang disabilitas dan anak difabel. Untuk disabilitas sudah kami berikan vaksin Sinovac. Tadi ada sekitar 16 orang penyandang disabilitas dan ODGJ,"  kata Kepala Puskesmas Widang, Bedjo.

Vaksin yang diberikan untuk ODGJ adalah sinovac dosis pertama. Sedangkan bagi disabilitas dan anak difabel, menerima vaksin sinopharm dosis pertama. Dipastikan vaksinasi untuk ODGJ masih akan terus dilakukan.

Sebab belum semua ODGJ menerima vaksin dosis pertama maupun dosis kedua. Namun, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ masih harus menunggu ketersediaan vaksin.

"Belum semua tervaksin. Sambil menunggu vaksin. Insyaallah kalau sudah ada kami akan lakukan vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ," ujarnya.

Berita Selengkapnya: ODGJ Wilayah Widang Mulai Divaksin

Sementara itu, terlihat sejak pukul 07.00 WIB pagi warga masyarakat sudah memadati area parkir Gereja Santo Petrus yang berada di Jalan Panglima Sudirman No. 159 Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban untuk mendapatkan serbuan vaksinasi yang disediakan.

Dalam vaksin itu, Kodim 0811 Tuban menargetkan 600 dosis vaksin Covid-19 bagi umat Nasrani dan warga masyarakat disekitar lokasi Gereja. Sedangkan pada kegiatan serbuan vaksinasi massal ini, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi Nasional.

Komandan Kodim (Dandim) 0811 Tuban Letkol. Inf Viliala Romadhon mengatakan, kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan program nasional serta instruksi dari Kodam V Brawijaya.

“Hari ini Kodim 0811 Tuban menyediakan sebanyak 800 dosis vaksin yang akan dihabiskan pada hari ini untuk masyarakat Tuban, dengan menyediakan dikedua tempat, yakni di Ponpes Sunan Bejagung Kidul Kecamatan Semanding dan Gereja Santo Petrus Kecamatan Tuban,” ungkapnya.

Berita Selengkapnya: 800 Santri dan Umat Nasrani Divaksin Bersamaan