Pemkab Gandeng Perhutani Hijaukan Wilayah Semanding-Montong

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky kembali meninjau beberapa daerah hulu sampai hilir dari penyebab banjir di beberapa titik kecamatan di Kabupaten Tuban.

Peninjauan dimulai di lokasi rencana pembangunan proyek Longstorage Jadi III atau bendungan di wilayah hulu yang ada di Desa Jadi dan Boto Kecamatan Semanding.

Berlanjut ke Avur Jambon Desa Kapu dan Tahulu Kecamatan Merakurak untuk penanganan Banjir di daerah tersebut. Lalu, ke DAM Mundri yang dilintasi Kali Kening di Dusun Mundri Desa Sidodadi Kecamatan Bangilan, Jembatan Jatisari Desa Jatisari Kecamatan Senori, dan terakhir di Desa Tanggir Kecamatan Singgahan. 

Bupati menyampaikan, jika penanganan banjir Kabupaten Tuban perlu penanganan dari hulu hingga hilir. "Kita tinjau satu-satu dari hulu hingga hilir, dan kita cari solusi yang paling efektif, bersama Kades dan semua pihak terkait," ucap Lindra dalam siaran tertulisnya, Kamis (5/8/2021).

Salah satu cara untuk mengatasi banjir jangka panjang adalah dengan perbaikan ekosistem hulu. Penanganan dari hulu menjadi poin penting, dengan memperbaiki ekosistem di daerah atas.

Pemkab juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait, salah satunya adalah Perhutani sebagai upaya penghijauan di wilayah Semanding hingga Montong yang menjadi salah satu hulu penyebab banjir di beberapa kecamatan.  

Dikesempatan yang sama, Bupati juga menyerahkan bansos sembako kepada warga sekitar di Kecamatan Singgahan.

Sehari sebelumnya, Bupati juga mengecek beberapa titik di Kecamatan Semanding di Desa Ngino, Kecamatan Plumpang di Desa Magersari, Kecamatan Widang di Desa Simorejo dan Banjar, serta Kecamatan Palang di Desa Ngimbang.

“Kita bersama-sama akan mencari solusi tercepat mengatasi Banjir di Beberapa Kecamatan di Kabupaten Tuban,” tandasnya. [ali/ono]