Difabel Ini Abadikan Perjalannya dalam Sebuah Buku

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kehilangan dan keterbatasan bukan akhir dari segalanya. Tapi justru awal agar kita senantiasa merenda asa. Kalimat tersebut tertulis di sampul buku berjudul "Selaksa Asa Kisah Fira" karya penyandang disabilitas di Kabupaten Tuban, Fira Fitria.

Buku tersebut berhasil dirilis Fira, dengan waktu penulisan kurang lebih delapan bulan. Isi buku setebal 140 halaman tersebut mencakup perjalanan - perjalanannya sebagai difabel.

"Isinya tentang perjalanan saya dan butuh waktu delapan bulan sampai rilis. Mohon doanya," ucap Fira ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (4/8/2021).

Fira sendiri dikenal sebagai perempuan kuat. Ia dipercaya menjadi Ketua Organisasi Disabilitas Tuban (ORBIT). Perempuan berusia 34 tahun ini juga masih menyelesaikan  kuliah Magister Kebijakan Publik di Universitas Airlangga Surabaya.

Rencananya peluncuran perdana bukunya digelar secara minimalis. Kondisi pandemi Covid-19 memaksanya untuk menggelar pre-order semata.

Alumnus STIE Muhammadiyah Tuban ini mengaku mulai terinspirasi untuk menuliskan kisahnya sekitar satu minggu sebelum berangkat ke Amerika. Ide tersebut kemudian juga mendapat banyak dukungan dari rekan-rekannya.

“Aku sebenarnya belum percaya diri untuk menuliskan kisahku, karena masih banyak difabel lain yang kisahnya lebih inspiratif untuk diangkat,’’ imbuh perempuan ramah seperti dilansir di laman Tubankab. 

Secara teknis terbitnya buku tersebut memang tanpa peresmian rilis, tetapi lebih pada pre-order untuk memesan terlebih dahulu.

Pemilihan tanggal pre-order yaitu 29 Juli hingga 8 Agustus 2021, bertepatan dengan hari spesial bagi Fira. Terutama untuk mengenang orang-orang yang telah berjasa dalam hidupnya.

“Pada 29 Juli merupakan Hari Ulang Tahun Pembina ORBIT, sekaligus rekan yang banyak berjasa dalam hidupnya, sedangkan 8 Agustus adalah hari lahir almarhumah ibundaku,’’ jelasnya.

Pemilihan hari peluncuran buku juga diharapkan menjadi sesuatu yang berkesan bagi Fira. Sekaligus sebagai wujud terimakasih yang tak terhingga bagi orang-orang yang telah banyak berjasa dalam hidupnya.

“Bila minat mengetahui perjalanan difabel di Tuban tanggal 29 Juli hingga 8 Agustus 2021 bisa datang ke sekretariat ORBIT di Jalan Latsari Gang 1 nomer 26 Tuban,’’ tutup Fira. [ali/ono]