Cegah Banjir, Lahan Gundul di Semanding akan Dihijaukan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Banjir merupakan salah satu potensi bencana yang rutin terjadi di Kabupaten Tuban. Ada beberapa titik langganan banjir dan langsung ditinjau Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky.

Peninjauan di beberapa daerah yang menjadi hulu sampai hilir dari penyebab banjir dilakukan bersama Dandim 0811 Letkol. Inf. Villiala Romadon, serta OPD terkait seperti Dinas PUPR, Bappeda, dan DLH.

Titik yang ditinjau seperti di Kecamatan Semanding di Desa Ngino, Kecamatan Plumpang di Desa Magersari, Kecamatan Widang di Desa Simorejo dan Banjar, serta Kecamatan Palang di Desa Ngimbang.

Pasca melihat kondisi lapangan, Bupati langsung berdialog bersama Kepala Desa dan Camat Setempat serta OPD dan instansi terkait. Hasilnya, dalam waktu dekat di beberapa titik telah ditemukan rencana penyelesaian nya.

"Seperti untuk Semanding, kami akan melakukan penghijauan dilahan gundul dengan varietas yang ditanam akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan OPD terkait. Dari TNI juga akan membantu," ucap Bupati Lindra dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/8/2021).

Lindra mengatakan, penanganan banjir akan digarap dari hulu hingga hilir. Untuk itu, komunikasi dan kerjasama semua pihak sangat diperlukan. Penyelesaian masalah akan diimplementasikan segera, dengan alokasi  anggaran melalui Perubahan APBD tahun 2021.

"Kami kuatkan koordinasi dan kerjasama antar semua pihak dengan harapan penanganan banjir dapat diselesaikan secepat mungkin," tutupnya. [ali/mu]