BAZNAS Bantu Motor Warga Miskin Kembangkan Usahanya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tessa Intan Kristiani, warga Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban merasa terbantu setelah menerima bantuan modal usaha berupa motor roda tiga dari BAZNAS Kabupaten Tuban.

Bantuan diserahkan langsung Ketua BAZNAS Kabupaten Tuban, Siti Syarofah didampingi Sekretaris Pelaksana, Eko Julianto, Selasa (3/8/2021).

Tessa dinilai layak menerima bantuan setelah dilakukan survey kelayakan dan diputuskan dalam rapat pleno Pimpinan BAZNAS.

Diceritakan sekretaris yang kini menjabat Kepala Dinas Sosial ini bahwa awalnya dulu Tessa merupakan korban kekerasan dalam rumah tangga.

"Karena memiliki skill memasak dan orangnya ulet, mbak Tessa dikontrakkan rumah dan difasilitasi untuk usaha catering kecil-kecilan," tutur Eko.

Usaha catering tersebut bisa bertahan dan cukup berkembang. Dikatakan, sering kali pesanan nasi kotak atau tumpeng diantar menggunakan motor roda dua sambil menggendong anaknya yang masih kecil.

Bahkan di masa pandemi ini, pesanan makanan dari warga masih banyak. Terlebih untuk warga isolasi mandiri, Tessa kerap menerima pesanan juga sering berdonasi kepada mereka.

"Karena hasil survey menunjukkan bahwa bantuan yang layak untuk mengembangkan usaha mbak Tessa adalah alat mobilisasi yang bisa menampung banyak barang, maka bantuan yang diberikan adalah motor roda tiga ini," tutur Eko.

Sementara itu, Siti Syarofah berpesan kepada Tessa agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan usaha cateringnya.

"Bantuan ini merupakan amanah dari donatur BAZNAS Tuban. Tolong nanti bisa digunakan sebaik-baiknya. Semoga berkah untuk keluarga mbak Tessa," tutur Syarofah.

Menerima bantuan tersebut, Tessa merasa bersyukur karena dia bisa membawa barang pesanan lebih banyak dari sebelumnya. [ali/ono]