Kapolres dan Dandim Tuban Berangkatkan Tim Relawan Tracer Corona

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kapolres Tuban, AKBP Darman bersama Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon memberangkatkan tim relawan Tracer Digital dan Tracer Lapangan, Selasa (27/7/2021).

Pemberangkatan relawan itu dilakukan di lapangan belakang Mapolres Tuban. Sebelum diberangkatkan, Kapolres dan Dandim 0811/Tuban memberikan pengarahan serta pengecekan persiapan para relawan.

Pantauan blokTuban.com, tim tracer yang diberangkatkan tersebut terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, tim tracer dari  Posyandu serta dari tim relawan tracer dari Senkom Mitra Polri.

"Menindaklanjuti perintah dari Bapak Presiden untuk meningkatkan Tracing dan Testing, hari ini kita lepas tim tracer dari TNI, Polri, Posyandu dan relawan dari Senkom," terang Kapolres Tuban, AKBP Darman.

Kapolres menjelaskan, ada ratusan tim tracer yang diberangkatkan, dengan rincian dari Polri sebanyak 328 personel, Kodim sebanyak 229 personel, Relawan Senkom sebanyak 40 personel serta seluruh anggota Posyandu di Kabupaten Tuban.

Terkait dengan target para tim tracer, Kapolres mengungkapkan, para tim tracer harus mampu mentracing atau melacak minimal 15 orang yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.

"Minimal para Tim Tracer bisa mentracer 15 orang dan nanti akan teridentifikasi siapa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selanjutnya, mereka yang hasil tesnya positif akan kita isolasi," papar mantan Kapolres Sumenep tersebut.

Dia berharap, dengan adanya tim tracer ini diharapkan bisa membantu melacak masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 untuk kemudian dilakukan tes Rapit Antigen maupun PCR.

"Mudah-mudahan dengan keberadaan tracer ini bisa membantu melacak masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19," pungkasnya.[hud/sas]