Dari Hobi Baca, Wijayanto Punya Usaha Brand Kaos Lokal

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Ide usaha bisa muncul dari mana saja, terkadang muncul dari hobi, ketidaksengajaan dan hal-hal lainnya. Seperti salah satu warga Kabupaten Tuban Jawa Timur ini. Bermula dari hobi membaca buku sejarah, Nur Wijayanto (29), berhasil membuat brand lokal dan mendapatkan omset jutaan perbulan.

"Bermula dari hobi saya yang sangat menggemari membaca buku sejarah kerajaan di jawa, terutama kerjaan pra islam nusantara yang sedikit mengilustrasikan atau memvisualkan untuk media pengenalan dalam edukasi sejarah di era kita sekarang ini,” ungkapnya.

Menurut Wijayanto, di era sekarang ini menjadi PR bagi dirinya untuk mengenalkan kepada generasi muda akan tokoh-tokoh besar yang pernah ada dan hidup dahulu kala, namun terlupa atau sengaja dilupakan. Karena baginya fenomena ini juga merupakan perang budaya. Dari sanalah dirinya termotivasi membuat karya, yaitu lewat media kaos dengan brand LIMANGATUSTAUN.

"Alhamdulillah selama membangun usaha tidak ada kendala sama sekali, karena kita buka sistem pre order dan juga pemesanan lewat online," tuturnya.

Usaha yang dimulai pada tahun 2019 ini hanya jual beli Tshirt short sleeve dan tshirt long sleeve, dengan modal awal Rp1 Juta. “Alhamdulillah omsetnya per bulan bisa sampai Rp4 juta ke atas," tambahnya.

Menurut Wijayanto, selama berwirausaha ia hanya mengandalkan relasi serta  promosi produk yang terbilang cukup sering, guna menarik minat pembeli, dan juga dirinya memulai bisnis seperti ini tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan tekad tanpa memikirkan kerugian.

”Jangan terlalu banyak baca caption atau menonton video motivasi. Mulailah bangun dari mimpi-mimpi dan bergegas mewujudkan, ketekunan adalah kunci,” tegasnya.

Kedepannya ia bercita-cita brandnya bisa tersebar hingga keluar negeri. "Keren juga melihat orang luar negeri pake brand LIMANGATUSTAUN dengan gambar semar makhuk mitologi jawa, dan itu mungkin membuat negeri kita tercinta kembali memiliki jati diri bangsanya,” pungkasnya. [ulf/mu]