400 Paket Daging Kurban Dibagikan Kolaborasi Komunitas Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak  9 komunitas di Tuban berkolaborasi merayakan Idul Adha 1442H dengan menyembelih 9 ekor Kambing dan membagikan lebih dari 400 paket daging kurban kepada masyarakat. Kegiatan yang dipusatkan di puncak Wisata Agro, Kabupaten Tuban diawali dengan kegiatan doa bersama agar pandemi segera pergi. Penyebaran daging kurban dilakukan ke Desa Klumpit, Desa Pekuwon, dan Desa Kendal., Jumat  (23/7/2021)

Mewakili komunitas, Hansen Budijono menyatakan bahwa Puncak Wisata Agro dipilih lantaran lokasinya menarik dan dekat dengan kawasan masyarakat yang kurang mampu. Selain membagikan paket daging, kepada kaum dhuafa, dan anak yatim juga diberikan masker untuk terhindar dari Covid-19.

"Sebaran Covid-19 yang semakin cepat juga menjadi perhatian kami dalam kegiatan Idul Adha ini. Karena itu kami juga bagikan masker dan memberikan edukasi kepada warga agar disiplin cuci tangan dan jaga jarak selama pandemi ini," kata Hansen di Tuban.

Di dalam kolaborasi antar komunitas di Tuban ini, ada tiga komunitas besar yang terlibat. Karang Taruna (Karta) Klumpit, Karta Pekuwon, dan Karta Kendal. Adapun Fans Club meliputi UI Tuban, MCSCI, CISC ,dan Kopites. Dari otomotif, Honda Nova Civic Indonesia Tuban dan NTC mewakili Bold Riders

Hansen menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ Dalam program sosial ini terlibat sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur.

"Dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, tegasnya.

Kolaborasi Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

"Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan," ulas Hansen.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Penghargaan dari MURI kepada Kolaborasi KITA, adalah penghargaan ketiga. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. "Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020," tandasnya.