Ratusan Napi Lapas Nikmati Tiga Olahan Daging Kurban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ratusan warga binaan pemasyarakatan (wbp) atau nara pidana Lapas Kelas IIB Tuban di momen Hari Raya Idul Adha 1442 H/ 2021 M kembali kebagian daging kurban, Selasa (20/7/2021).

Daging kurban tahun ini rencananya diolah menjadi tiga menu, yaitu garang asem, mangut, sate seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain WBP, daging kurban juga dibagikan kepada karyawan dan masyarakat sekitar Lapas.

Kepala Lapas Kelas IIB Tuban, Siswarno mengatakan di masa PPKM Darurat Covid-19 pelaksanaan kurban di Lapas ditangani oleh internal warga binaan karena sebelumnya sudah terbiasa menyembelih di lingkungan asalnya.

"Tahun ini Alhamdulillah Lapas mendapat dua ekor sapi dan dua ekor kambing. Disembelih oleh warga binaan," kata Siswarno ketika dikonfirmasi di Lapas.

Di kesempatan ini, Kalapas berharap pandemi Corona lekas berakhir dan semuanya bisa terbebas dari segala bentuk macam penyakit. Ia bersyukur di masa pandemi Lapae tetap bisa menjalankan ibadah dengan baik dan lancar.

Saat ini, lanjut Siswarno jumlah hunian di Lapas Tuban mencapai 407 orang. Dengan pembinaan yang baik, para warga binaan terus dibekali beragam ketrampilan sebagai bekal selepas menyelesaikan masa tahanannya.

Sementara itu, salah satu juru potong hewan kurban yang juga warga binaan, Imam berterimakasih karena diberi kepercayaan untuk menyembelih sapi di Idul Adha tahun ini. Ia mengaku sudah terbiasa sehingga untuk tata cara penyembelihan sudah mahir.

"Tadi dibantu teman-teman warga binaan dalam penyembelihan hewan kurban," tandas Imam.

Diberitakan sebelumnya, anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto memberikan bantuan hewan kurban satu ekor sapi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban pada Senin (19/7).

Sapi yang memiliki berat kurang dari 400 kilogram dan berjenis sapi limosin diserahkan langsung oleh Dwi Prayogo, Staf dari Anggota Komisi III Wihadi kepada Kepala Lapas Tuban Siswarno dengan disaksikan langsung oleh jajaran pejabat. [ali/sas]