Harto, Biker yang Sanggup Angkat Dua Sepeda dengan Giginya

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Seorang biker, atau penghobi sepeda yang bisa bisa menempuh perjalanan di berbagai track dengan baik adalah biasa. Meski kemampuan tersebut harus diasah agar semakin lihai menakhlukkan medan.

Namun, apa jadinya jika seorang biker yang sanggup mengangkat dua sepeda hanya dengan satu gigitan ? Ini adalah kemampuan yang tak biasa. Biker di Tuban, anggota  klub bersepeda Adv-530 ada yang mampu seperti itu.

Kemampuannya tersebut, sering ditunjukkan di sela-sela istirahat kala sedang bersepeda bareng-bareng.

Harto, begitu nama anggota klub yang punya kemampuan lebih tersebut. Pria 54 tahun itu, tak sekadar kuat menanjak dan menaklukkan medan berat. Kekuatan rahang dan giginya sering menjadi hiburan dan pelepas lelah bagi anggota klub lainnya.

Saat gowes pada protap (prosedure tetap), yakni bersepeda bersama setiap hari Sabtu jam 5.30 WIB pagi bagi seluruh member klub Adv-530, dia selalu melakukan atraksinya yang tidak pernah dilakukan orang lain di sela-sela istirahat. 

Atraksi khusus yang butuh kekuatan dan keseimbangan untuk melakukannya. Atraksi tersebut yaitu mengangkat sepeda dengan giginya dari depan. Aksi ini biasa dilakukan dengan semua sepeda dari yang paling ringan sampai yang berat sekalipun. 

Pernah juga mengangkat 2 sepeda sekaligus dengan mengikatnya jadi satu dan menahan dengan giginya. Luar biasa !

Keahlian dan kekuatan ini bukannya magic atau sulap tapi memang kekuatan badan alami yang sudah terlatih karena sering latihan dan melakukannya. Harto juga bagian dari sebuah group reog yang exist di Bumi Ronggolawe. 

Bersama grup reognya, dia sering mengikuti event atau acara-acara khusus seperti pawai, karnaval atau acara kemasyarakatan dari Kabupaten Tuban.

Inilah satu-satunya keunikan dan kelebihan anggota-anggota klub bersepeda Adv-530 Tuban. Klub ini beranggotakan seluruh kalangan dan lapisan masyarakat, dan tidak membeda bedakan kasta atau golongan. Semua genre masyarakat bisa bergabung dengan group Adv-530 ini. ‘’Yang penting seneng, tambah jalur tambah dulur”, begitu semboyan klub ini. [ono]