Nakes Dadakan, Lampu Kota Dimatikan, Sampai Vaksinasi di Wihara

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tes swab antigen serentak digelar di 328 desa/kelurahan di Kabupaten dalam sepekan terakhir. Setiap desa memiliki kuota minimal 100 peserta untuk di tes swab.

Dalam pelaksanaan tes tersebut ada yang unik, beberapa perangkat Desa Socorejo, Kecamatan Jenu ditugasi menjadi tim nakes dadakan untuk membantu bidan desa.

Mereka yang ditunjuk menjadi tim nakes sejumlah empat perangkat desa, nampak mengenakan baju hazmat dan alat pelindung diri (APD) seperti masker, penutup kepala, hingga sarung tangan.

"Karena keterbatasan tenaga kesehatan di desa maka perangkat desa ikut kami terjunkan untuk membantu melayani peserta masyarakat yang ikut tes swab antigen," kata Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (15/7/2021).

Baca Selengkapnya: Percepat Tes Swab Antigen, Perangkat Desa Jadi Tim Nakes Dadakan

Berbagai cara dan skenario ditempuh Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tuban.  Di antaranya dengan memadamkan lampu jalan hingga ditingkat kecamatan.

Wakil Ketua I Satgas Covid-19, Letkol Inf. Viliala Romadhon mengatakan menekan mobilitas di malam hari merupakan salah satu ikhitiar yang ditempuh Satgas untuk mengurangi penyebaran virus corona. Pertimbangannya aktifitas/mobilitas di atas pukul 20.00 Wib dinilai tidak krusial dan esensial untuk dilakukan.

"Terlepas itu jam makan malam dan istirahat. Mobilitas warga kami tekan dan di wilayah Kota cukup efektif, tapi warga di berbagai kecamatan di Tuban masih terpantau bandel," kata Dandim 0811 Tuban kepada blokTuban.com setelah peninjauan vaksinasi keliling di TITD Klenteng Kwan Shing Bio Tuban, Kamis (15/7/2021).

Baca Selengkapnya: Tekan Mobilitas Warga di Malam Hari, Satgas Tempuh Cara Padamkan Lampu Jalan

Dua ribuan orang lebih secara bergantian terpantau keluar masuk TITD Klenteng Kwan Sing Bio di Jalan RE Martadinata Tuban pada Kamis (15/7/2021) pagi.

Mereka antusias mengikuti program serbuan vaksin Kodam Brawijaya, Korem 082/CPYJ dan Kodim 0811/Tuban bekerjasama dengan pihak klenteng. Ada 2.640 dosis vaksin yang ditargetkan habis dalam sehari.

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf. Viliala Romadhon bersama Ketua Penilik Domisioner TITD Klenteng KSB, Alim Sugiantoro langsung meninjau proses vaksinasi yang diikuti oleh masyarakat umum di Tuban. Nampak vaksinasi berjalan tertib dan mentaati protokol kesehatan Covid-19.

"2.640 vaksin kita habiskan hari ini dan masih ads cadangan 3.600 dosis vaksin yang akan kita bagikan di lain waktu. Kerjasama dengan pihak klenteng karena memiliki tempat yang luas dan ideal untuk menghadirkan 2.600 peserta," kata Viliala Romadhon ketika dikonfirmasi blokTuban.com.

Baca Selengkapnya: Vaksinasi Keliling Kodim 0811 di Klenteng Diikuti 2.640 Orang